Ciptakan Lalu Lintas Yang Aman Tertib dan Lancar, Polda Jateng Ujicoba ETLE Drone di Simpang 4 Tanjung

Ciptakan Lalu Lintas Yang Aman Tertib dan Lancar,  Polda Jateng Ujicoba ETLE Drone di Simpang 4 Tanjung

Petugas menerbangkan Drone untuk memantau pelanggaran lalu lintas di simpang empat Tanjung Purwokerto (15/2/2023).-AHMAD ERWIN/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Selain melaksanakan operasi kesemalatan candi 2023 di Simpang 4 Tanjung Kecamatan PURWOKERTO Selatan Kabupaten Banyumas, Dirlantas Polda Jateng juga melakukan ujicoba ETLE Drone.

ETLE Drone itu diujicoba sebagai bentuk sosialisasi dan juga memantau arus lalu lintas di Simpang 4 Tanjung Purwokerto Selatan 

"Tujuan yang kedua kegiatan ini ialah mencoba ETLE drone, dengan drone ini sudah bisa mengcapture, memvideo, dan ini lebih efektif serta bisa memantau arus lalu lintas," kata Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Suryonugroho. 

BACA JUGA:Begini Kronologi Kebakaran Rumah di Cilongok, Api Dipadamkan Warga Sebelum Damkar Tiba

Hadirnya ETLE yang saat ini ada jenis seperti ETLE statis, ETLE mobile, dan ETLE Drone itupun, Dirlantas menjelaskan, dapat lebih membuat masyarakat agar tertib berlalu lintas. 

"Dengan hadinya ETLE ini kami mengharapkan masyarakat Jawa Tengah tertib dengan dirinya sendiri karena tertib berlalu lintas ialah cermin budaya bangsa," jelasnya. 

Sementara terkait jenis pelanggaran lalu lintas saat ini, Ia menuturkan, masih banyak didominasi oleh kendaraan roda dua. 

BACA JUGA:Korsleting Listrik, Sebuah Rumah Terbakar di Panembangan Cilongok.

"Hampir kalau kita membandingkan, memang ada beberapa knalpot brong yang sudah kita tindak, dipinggiran kota tidak pakai helm kita juga upayakan tindak, dan memang pelanggaran yang paling banyak yang kami tindak memang roda dua," tuturnya. 

Namun meski begitu, untuk penindakan yang dilakukan itu bukanlah masalah banyak atau tidaknya, namun untuk kepentingan keselamatan pengguna jalan. 

BACA JUGA:2 Sepeda Motor Kecelakaan di Maos, 2 Orang Meninggal Dunia

"Ini semata-mata untuk keselamatan penggunaan jalan. Polantas hadir menindak itu bukan karena harus banyak-banyakan tetapi yang penting ialah untuk keselamatannya," tutupnya. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: