Cuaca Ekstrem Hingga Akhir Bulan, Waspada Bencana Hidrometeorologi

Cuaca Ekstrem Hingga Akhir Bulan, Waspada Bencana Hidrometeorologi

Warga kerja bakti bersihkan material tongsor, Kamis (26/01)-BPBD CILACAP UNTUK RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Adanya cuaca ekstrem di wilayah Kabupaten CILACAP, menyebabkan bencana hidrometeorologi. Salah satunya di Dusun Manggasari, Desa Panulisan Kecamatan Dayeuhluhur.

Kalak BPBD Cilacap, Wijonardi mengatakan, curah hujan yang cukup tinggi akhir-akhir ini, membuat talud penahan jalan gang antar rukun tetangga (RT) longsor, 

"Hujan beberapa waktu lalu cukup tinggi, kemudian tidak ada saluran drainase di samping jalan gang. Jadi menyebabkan aliran air melewati samping cor jalan setapak yang menggerus tanah menjadi tanah labil dan longsor," katanya, Minggu 29 Januari 2023.

Wijonardi mengatakan, untuk kondisi terkini jalan gang tersebut sementara ditutup untuk mengantisipasi kecelakaan warga yang melewatinya. 

Sementara itu, hujan dengan intensitas sedang dan lebat berpotensi di Kabupaten Cilacap hingga tanggal 31 Januari mendatang. 

Prakirawan Cuaca BMKG Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Rendi Krisnawan mengatakan, hal ini disebabkan mulai aktifnya fenomena MJO (Maden Jullian Oscillation) di wilayah Indonesia.

"Monsun Asia yang masih aktif dan adanya belokan dan perlambatan angin di wilayah Jawa Tengah,  berkontribusi menyebabkan pertumbuhan awan hujan yang signifikan," katanya.

Dikatakan Rendi, potensi hujan di Kabuapten Cilacap juga disertai kilat atau petir dan angin kencang. Pihaknya pun mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: