Dua Unsur Sumber PAD di Purbalingga Tak Penuhi Target

Dua Unsur Sumber PAD di Purbalingga Tak Penuhi Target

Rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Purbalingga dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan OPD pengelola PAD bertempat di ruang rapat paripurna.-ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Dua unsur sumber pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten PURBALINGGA, pada tahun 2022, tak memenuhi target.

Yakni, Pajak Hiburan dan Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan (MBLB).

Hal itu terungkap dalam Rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Purbalingga dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan OPD pengelola PAD bertempat di ruang rapat paripurna, Kamis, 19 Januari 2023.

BACA JUGA:Soal Bansos Pasca Pencabutan PPKM, Dinsospermades : Masih Menunggu Arahan Kemensos

Rapat digelar guna membahas Capaian Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tahun Anggaran 2022.

Sekretaris Daerah Kabupaten Purbalingga Herni Sulasti mengatakan, target PAD pada APBD Perubahan Tahun Anggaran 2022 sebesar Rp 282 milyar, dapat terealisasi sebesar Rp 305 milyar atau tercapai 108,16 persen. 

"Meskipun demikian, ada dua unsur sumber PAD yang tidak memenuhi target yakni Pajak Hiburan dan Pajak MBLB," katanya, tanpa menyebutkan nominalnya.

BACA JUGA:Faktor Ini Bikin Ganjar Optimistis Indonesia Bisa Hadapi Krisis

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Purbalingga Aman Waliyudin mengapresiasi keberhasilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga terkait capaian PAD, yang lebih dari 100 persen. 

Meski demikian Banggar DPRD Kabupaten Purbalingga juga memberikan catatan.

“Ada beberapa OPD sudah mencapai target 100 persen. Namun masih ada OPD yang belum bisa mencapainya," ungkapnya.

BACA JUGA:Ini Sanksi Jika Camat Tak Tempati Rumah Dinas

Dia menambahkan, dari hasil rapat hari ini, akan dilakukan evaluasi rutin antara Banggar dengan TAPD terkait progres, maupun kendala-kendala apa yang ada di lapangan.

  "Karena hasil pengalaman kita di tahun 2022 kita melakukan evaluasi setiap tiga bulan, dampaknya pencapaian PAD bisa tercapai 100 persen," jelasnya. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: