Wujudkan ODF, Desa Pesanggrahan Gunakan APBDes untuk Penguatan STBM

Wujudkan ODF, Desa Pesanggrahan Gunakan APBDes untuk Penguatan STBM

--

CILACAP - Sebelum terwujud menjadi Kabupaten ODF atau Kabupaten bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS) perlu diwujudkan Desa dan Kecamatan dengan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

 

Sehingga saat ini dapat dipastikan seluruh Desa dan Kelurahan di lingkup Pemerintah Kabupaten Cilacap sudah ber STBM. Salah satunya Desa Pesanggrahan Kecamatan Kroya, yang mendeklarasikan diri sebagai desa pertama kali ODF di Cilacap.

 

"Perjungannya berat, karena harus merubah perilaku masyarakat ditambah dengan faktor ekonomi masyarakat pedesaan," kata Kepala Desa Pesanggrahan Sarjo Kepada Radarmas, Rabu 14 Desember 2022.

 

Bahkan saat ini, Sarjo mengalokasikan APBDes di desa nya untuk penguatan pilar STBM seperti pengadaan jambanisasi, menyediakan tempat cuci tangan, pengelolaan limbah cair rumah tangga dan lain - lain.

 

"Untuk mempertahankan itu, saya alokasikan Dana Desa untuk kesehatan, itu untuk mendukung program Kabupaten sehat juga," lanjut Sarjo.

 

Sarjo menghimbau kepada seluruh jajaran Kepala Desa dan Lurah untuk mendukung program PJ Bupati Cilacap dalam mewujudkan Kabupaten Sehat.

 

"Deklararsi ODF ini langkah awal, sehingga perlu dukungan khususnya dari Pemerintah Desa, Bu PJ Bupati ini inginkan Cilacap menjadi Kabupaten Sehat," pungkas Sarjo.(jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: