Rute Trans Banyumas ke Banyumas Berdasarkan Kemenhub

Rute Trans Banyumas ke Banyumas Berdasarkan Kemenhub

Bus Trans Banyumas mangkal di Halte terintegrasi Pasar PON Purwokerto (14/9/2022).-Foto Dimas Prabowo/Radar Banyumas -

PURWOKERTO- Kepala UPTD Pengelola Sarana dan Prasarana Perhubungan Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Banyumas, Taryono mengakui, hampir setiap hari ada aduan masuk di lapak aduan terkait rute Bus Trans Banyumas. Rata-rata sehari dua sampai tiga aduan yang ingin rutenya sampai Banyumas.

"Sudah ada rencana itu masuk koridor 4, tapi harus tunggu kebijakan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), otomatis anggarannya juga dari sana," ujarnya.

Taryono menyampaikan, karena Bus Trans Banyumas merupakan program by the service (BTS) dari pemerintah pusat. Di rencana awal, koridor 4 Bus Trans Banyumas akan menuju Stasiun Kroya. Dengan rute dari Terminal Bulupitu Purwokerto, Simpang Sakalputung, Kalibagor, Sokaraja, Banyumas, lalu sampai Stasiun Kroya.

"Rutenya bisa saja berubah lewat Pegalongan, tapi sesuai usulan dulu dari SK Bupati lewatnya Kalibagor," paparnya.

Bahkan ada usulan dari juga untuk dilanjut sampai Terminal Bangun Desa Cilacap. Menurut Taryono, sudah sangat dibutuhkan rute ke Banyumas. Sebab mobilitas warga dari Purwokerto ke Banyumas dan sebaliknya tinggi.

"Tapi samua tetap tergantung dari pemerintah pusat, kami tidak bisa memastikan kapan pengadaan koridor 4," pungkasnya. (ely)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: