Honda

Meminimalisir Kecelakaan, Pengelola Wisata Berbasis Air di Purbalingga Diberikan Pelatihan K3

Meminimalisir Kecelakaan, Pengelola Wisata Berbasis Air di Purbalingga Diberikan Pelatihan K3

Peserta pelatihan tengah praktek pelatihan K3 di Sungai Klawing Desa Singa.-ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Sebanyak 40 pengelola wisata berbasis air di Kabupaten Purbalingga mengikuti pelatihan pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Wisata Berbasis Air di Sungai Klawing, Desa Singa, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, 24-25 November 2022.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purbalingga Prayitno mengatakan, kegatan dilaksanakan meningkatkan kompetensi, kemampuan dan pengetahuan sumber daya manusia dibidang kepariwisataan, khususnya wisata berbasis air.

"Serta untuk meminimalisisir kecelakaan dan kecepatan penanganan penyelamatan pada wisata berbasis air di Kabupaten Purbalingga," katanya kepada Radarmas disela-sela pelatihan yang dilaksanakan, Jumat, 25 November 2022.

BACA JUGA:Nasib 'Kol Kota' di Purwokerto, Penumpang Angkot Turun Drastis 75 Persen, Sopir : Pernah Tak ada Penumpang

Dia menjelaskan, di kabupaten Purbalingga banyak terdapat wisata berbasis air yang berdiri.

Namun, pelatihan khusus untuk pengelola wisata berbasis air, khususnya pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Wisata Berbasis Air belum banyak didapatkan para pengelola wisata.

Sehingga, pihaknya menggandeng Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kabupaten Purbalingga dan Tim dari PMI Kabupaten Purbalingga, untuk melaksanakan pelatihan tersebut.

BACA JUGA: Bibit Buah Naga Diminati Pengunjung di Kebun

Dia menjelaskan, harapannya dengan adanya pelatihan tersebut, bisa memberikan pemahaman kepada pengelola tentang pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di wisata berbasis air.

Meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia bidang pariwisata khususnya pelaku wisata berbasis air.

"Memberikan pengetahuan dan wawasan tentang teknik penyelamatan diri dan penanganan penyelamatan korban di air. Memberikan pemahaman tentang peralatan keselamatan air dan lifeguard," lanjutnya.

BACA JUGA:Pelaku Penusukan Sopir Transjakarta Dibekuk, Ternyata Ini Penyebabnya

Serta, memberikan pemahaman tentang bagaimana cara memberikan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) secara medis. (tya)

Sumber: