Delapan Kelompok Tani Terima Hibah Ternak APBD 2022, Ini Data Penerima di Banyumas

 Delapan Kelompok Tani Terima Hibah Ternak APBD 2022, Ini Data Penerima di Banyumas

Penyerahan hibah ternak APBD 2022 pada Kelompok Tani Sri Waluyo Ternak, Desa Tipar Kidul, Kecamatan Ajibarang berdasarkan pokir DPRD oleh Suswanto Fraksi Gerinda.-Dinkannak Banyumas untuk Radar Banyumas-

PURWOKERTO- Sebanyak delapan kelompok tani menerima hibah ternak dari APBD 2022. Tujuh di antaranya berasal dari pokok-pokok pikiran (Pikir) anggota DPRD Banyumas. Satu lagi merupakan kelompok mandiri.

"Kelompok mandiri ada di Desa Pasir Muncang, bernama Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tani Mulyo," papar Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Dinkannak) Kabupaten Banyumas, Ir Sulistiono, MSi melalui Sub Koordinator Produksi dan Pakan Ternak Dinkannak Kabupaten Banyumas, Heru Three Handoko.

Pada Gapoktan tersebut menerima hibah ternak berupa Kelinci ras New Zealand. Kelinci betina 48 ekor, dan kelinci jantan tujuh ekor.

Ada juga penerima kelinci ras New Zealand berdasarkan pokir, di Desa Somagede, Kecamatan Somagede pada Kelompok Ternak Kelinci Serayu Banyumas. Berjumlah 82 ekor, dengan rincian 72 ekor kelinci betina, dan 10 ekor kelinci jantan.

"Masih ada penerima berdasarkan pokir DPRD Banyumas, berupa kelompok kambing," ujar Heru.

Adapun penerima hibah ternak kambing di Desa Tipar Kidul untuk Kelompok Tani Sri Waluyo. Menerima sembilan ekor kambing betina dan satu ekor kambing jantan.

Lalu Desa Karangtalun Kidul, Kecamatan Purwojati yaitu Kelompok Tani Ternak Kambing Menda Mukti. Menerima 23 ekor kambing betina dan tiga ekor kambing jantan.

"Untuk Gapoktan Gemah Ripah di Desa Karangpetir merupakan kelompok kambing, mendapat 18 ekor betina dan dua ekor jantan," kata Heru.

Masih ada lagi kelompok tani ternak kambing yang menerima hibah ternak, yaitu Kelompok Tani Tirto Sari di Desa Cikakak. Menerima 35 ekor kambing betina dan lima ekor kambing jantan.

Penerima terkahir merupakan kelompok ternak sapi Berkah Sentosa, dengan wadah Kelompok Tani Lestari Desa Karangsalam Lor, Kecamatan Baturraden. Menerima 11 ekor sapi betina untuk pembibitan. (ely)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: