Rumah Potong Hewan di Banyumas Bakal Digabung, Ini Lokasi Rencana Penggabungan Tiga RPH

Rumah Potong Hewan di Banyumas Bakal Digabung, Ini Lokasi Rencana Penggabungan Tiga RPH

Ilustrasi sapi - Penyaluran bantuan sapi betina dari kementerian untuk Kelompok Karangsari 2 Desa Karanggedang, Kamis (29/9) lalu. Direncanakan inseminasi buatan oleh kelompok. -Foto Fijri Rahmawati/Radar Banyumas -

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID  - Pemkab Banyumas melalui Dinas Perikanan dan Peternakan (Dinkannak) Kabupaten Banyumas, merencanakan penggabungan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di tiga kecamatan. Yaitu penggabungan RPH di Ajibarang, Wangon, dan Cilongok.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinkannak Kabupaten Banyumas, Jan Arijadi mengatakan, realisasi rencana tersebut kemungkinan masih lama. Sebab masih mencari lahan yang pas.

"Ada lahan tapi masih kurang luas," katanya.

BACA JUGA:Job Fair Banyumas 2022 di GOR Satria Purwokerto Dipadati Ribuan Pencari Kerja, Total Ada 4.367 Lowongan Kerja

Selain itu, menyesuaikan dengan alokasi anggaran yang turun. Bisa dari pemerintah pusat atau daerah.

Jan menuturkan, kemungkinan akan diajukan ke pemerintah pusat. Namun, jika sudah selesai pembebasan lahan yang akan digunakan.

"Rencananya lokasi di Ajibarang, dan kalau sudah selesai pembebasan lahan, baru diusulkan ke pemerintah pusat," tuturnya.

BACA JUGA:Harga Telur Ayam di Pasar Manis Purwokerto Tinggi Lagi, Per Kilo Rp 31 Ribu Jelang Natal dan Akhir Tahun

Jan belum bisa memastikan kapan tepatnya untuk mengajukan usulan. Sebab direncanakan RPH akan disatukan areanya dengan Pasar Hewan Ajibarang, yang juga membutuhkan lahan luas. (ely)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: