Tahun Ini TPST 3R Kapasitas Dua Ton Per Jam Dibangun di Kawasan Gunung Tugel Purwokerto

Tahun Ini TPST 3R Kapasitas Dua Ton Per Jam Dibangun di Kawasan Gunung Tugel Purwokerto

Pekerja tampak mengerjakan pembangunan Pusat Daur Ulang (PDU) sampah di Kelurahan Bancarkembar pada Sabtu (12/11) sampai batas waktu pelaksanaan Minggu (20/11).-Foto Yudha Iman/ Radar Banyumas -

PURWOKERTO - Pemkab Banyumas melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banyumas sedang membangun Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R) yang dilengkapi mesin crusher di daerah Gunung Tugel.

Sub Koordinator Penyediaan Sarpras Persampahan DLH Banyumas, Syaikhun mengatakan mesin crusher sampah yang akan dipasang di TPST 3R baru dibawah pengelolaan dinas memiliki kapasitas sampai dua ton per jam. Untuk mesin crusher sampah sendiri diperkirakan baru datang di akhir Desember. 

"Rencana dibangun di Gunung Tugel," katanya.

BACA JUGA:Banyak Aduan Masuk untuk Jalan KS Tubun, Minimalisir Kecelakaan Lalulintas

Syaikhun menegaskan TPST 3R yang akan dibangun di Gunung Tugel dengan mesin crusher sampah merupakan sebuah dari tempat pengolahan sampah. Bukan tempat pembuangan sampah seperti TPA terdahulu. Terkait waktu operasional crusher sampah dipastikannya bertahap. Menunggu kelengkapan alat lainnya termasuk kesiapan listrik.

"SDM tidak masalah. Hanya operator biasa. Nanti kami siapkan," terangnya.

Adapun pembangunan TPS 3R yang dilengkapi mesin crusher sampah berdimensi 2 meter x 2 meter tersebut dibiayai dari APBD Pemkab Banyumas dengan anggaran sekitar Rp 500 juta.

BACA JUGA:Pemuda Lengkong Hilang Terseret Ombak di Pantai Kamiren

"Mudah-mudahan bisa lancar prosesnya," pungkas Syaikhun. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: