Promosikan Banyumas, Sutera Attakas jadi Duta Pameran di Mukhtamar Muhammadiyah Solo

Promosikan Banyumas, Sutera Attakas jadi Duta Pameran di Mukhtamar Muhammadiyah Solo

Kulit kepompong ulat attakas menjadi bahan baku pembuatan dompet, Rabu (9/11). Produk bakal dibawa ke Mukhtamar Muhammadiyah di Solo. -Dian untuk Radarmas---

BANYUMAS-Sutera attakas menjadi duta pameran perwakilan dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) di Mukhtamar Muhammadiyah 2022 di Solo pada 17 sampai 19 November mendatang.

Kesekreriatan Sutera Attakas Program Matching Fund UMP 2022  Dian Sofiana mengatakan sudah mempersiapkan bahan yang akan dipamerkan di mukhtamar.

"UMP secara khusus membawa produk yang nantinya dihasilkan oleh masyarakat. Antara lain, kerajinan dari kepompong dan benang," kata Dian, Rabu (9/11).

Lalu, dari ide konservasi juga tercipta produk. Seperti alat peraga, boneka ulat dan lainnya.

Selain itu, UMP ingin menunjukan bahwa dari kepompong ulat attakas dapat tercipta aksesoris fesyen. Misalnya dompet.

"Dompet dari kulit kepompong ulat attakas didesain untuk perempuan dan laki-laki," imbuh Dian.

Melalui Mukhtamar Muhammadiyah, UMP berupaya mempromosikan program attakas Banyumas. Sutera attakas bisa diduplikasi ke desa lain untuk pemberdayaan masyarakat sesuai misi Muhammadiyah melalui pendidikan.

"Bagaimana program sutera attakas dapat terpublikasi ke daerah lain," jelas Dian.

UMP juga sudah menyiapkan hasil kerajinan dari mitra di Desa Tanggeran Kecamatan Somagede. Antara lain kain lurik dengan motif khas Tanggeran untuk dipamerkan di mukhtamar. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: