Penanganan Permanen Tebing Klawing Bancar Mulai Ada Titik Terang

Penanganan Permanen Tebing Klawing Bancar Mulai Ada Titik Terang

PARAH: Kerusakan tebing Klawing, Bancar Purbalingga semakin parah.-Dok Amarullah Nurcahyo/Radarmas-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pemkab Purbalingga mulai bisa bernafas lega. Penanganan secara permanen kerusakan tebing di aliran Sungai Klawing Bancar, Purbalingga mulai ada titik terang. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR)  Kabupaten Purbalingga, Istanto Sugondo, Minggu 28 April 2024 menjelaskan, dari hasil pertemuan di Kementerian baru- baru ini, akan disiapkan anggaran mencapai Rp 28 miliar.

"Kami optimis tahun 2024 ini. Kabarnya bisa terealisasi. Anggaran itu akan diusahakan dari Pemerintah Pusat melalui Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWS SO) Yogyakarta," rincinya.

Saat ini BBWS SO Yogyakarta dibantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga masih menyelesaikan sodetan Sungai Klawing Purbalingga.

BACA JUGA:Dua Petahana Absen, Evaluasi Existing Pembentukan Panwascam Pilkada 2024 Hanya Diikuti 52 Perserta

BACA JUGA:Jelang Laga Perdana Persibangga vs Persikas di Grup D Liga 3 Nasional, Maluku FC Mengundurkan Diri

Lebih lanjut dijelaskan penanganan darurat itu melalui normalisasi Sungai Klawing dengan pembuatan sodetan di wilayah Desa Penaruban Kecamatan Kaligondang. 

"Kendala berarti tidak ada, hanya kadang hujan deras menjadikan lokasi pekerjaan harus ditinggal," tambahnya.

 

Sesuai hasil rapat sebelumnya, estimasi 39 hari pekerjaan dengan catatan kondisi cuaca baik dan kondusif serta aliran sungai tidak banjir. Panjang sodetan 350 meter dengan lebar atas 10 meter dan lebar bawah 6 meter. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: