Rumah Milik Daryono di Bantaran Sungai Logawa Karanglewas Terancam Longsor

Rumah Milik Daryono di Bantaran Sungai Logawa Karanglewas Terancam Longsor

Ilustrasi Sungai Logawa. Rumah milik Daryono (52) yang terancam longsor di bantaran sungai Logawa.-Foto Ahmad Erwin/Radar Banyumas -

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.CO.ID - Sebuah warga di Desa Jipang Grumbul Grugak RT 1 RW 3 Kecamatan Karanglewas berada dalam zona tidak aman. 

Rumah milik Daryono (52) itu terancam longsor karena terjadinya pengikisan bibir sungai hingga hanya berjarak satu meter dari rumahnya. 

BACA JUGA:Ini Kronologi Percobaan Pemerkosaan di Cilongok, Kasat Reskrim : Korban Berhasil Berontak dan Kabur

Budi Nugroho, Kepala Pelaksana BPBD Banyumas mengatakan, kejadian itu disebabkan karena kondisi tanah yang labil lalu dipicu dengan terjadinya hujan dengan intensitas tinggi selama sekitar 5 jam dan membuat debit air Sungai Logawa meningkat. 

"Kejadiannya pada hari Minggu (23/10) pukul 21.00 WIB di wilayah Kecamatan Karanglewas terjadi hujan dengan intensitas tinggi selama kurang lebih  5 jam. Hal itu mengakibatkan Tanah Longsor  di Desa Jipang Grumbul Grugak dan mengancam rumah warga," katanya, Selasa (25/10). 

BACA JUGA:Pelaku Tindak Pidana Kekerasan dan Percobaan Pemerkosaan di Cilongok Diciduk Polresta Banyumas

Dengan jumlah jiwa pemilik rumah yang terancam yaitu Daryono (52), Dikem (48), Andi Setyono (25) Riski (18) dan Bagus (15) 

Adapun panjang longsor yaitu sepanjang 15 Meter, lebar 3 meter dan tinggi 10 meter.

BACA JUGA:Hanyut Terbawa Banjir, Pemancing Warga Banjarnegara Ditemukan di Sungai Kacangan Bukateja

"Untuk potensi longsor susulan ada, jika terjadi hujan intensitas tinggi selama kurang lebih 5 jam," tambahnya

Dan untuk tindak lanjut, menurutnya, karena jarak rumah sekarang berjarak kurang lebih satu meter dari bibir sungai, sehingga untuk pemilik rumah sementara diungsikan. 

BACA JUGA:Pasangan Kekasih Nekat Mencuri Motor Terparkir di Pasar Karanglewas

"Sementara Pemilik rumah mengungsi di tempat Saudara terdekat yang masih satu RT, dan dari Pemdes akan mengajukan surat Permohonan Bantuan untuk ditangani," pungkasnya. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: