Begini Himbauan Dosen Fakultas Kedokteran Unsoed Terkait Kasus Gagal Ginjal Akut

Begini Himbauan Dosen Fakultas Kedokteran Unsoed Terkait Kasus Gagal Ginjal Akut

ilustrasi obat sirup - foto dok net - --

PURWOKERTO - Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh masyarakat dalam menyikapi kasus gagal ginjal akut yang diduga disebabkan oleh obat sirup

Seperti disampaikan Dosen Fakultas Kedokteran Unsoed sekaligus Ahli Epidemiologi Lapangan Fakultas Kedokteran Unsoed dr Yudhi Wibowo MPH. 

BACA JUGA:Fasyankes Diminta Segera Melapor Kasus Suspek dan Probabel Ginjal Akut di Banyumas

"Perlunya kewaspadaan orang tua memiliki anak terutama usia kurang dari 6 tahun dengan gejala penurunan volume atau frekuensi urin atau tidak ada urin, dengan atau tanpa demam atau gejala prodromal lain. Itu agar segera dirujuk ke Fasilitas Kesehatan terdekat," kata dia. 

Kemudian, lanjut dia, orang tua yang memiliki anak terutama usia balita untuk sementara tidak mengkonsumsi obat-obatan yang didapatkan secara bebas tanpa anjuran dari tenaga kesehatan yang kompeten sampai dilakukan pengumuman resmi dari Pemerintah.

BACA JUGA:Apotek di Purwokerto Tarik Peredaran Seluruh Obat Sirup

Lalu, perawatan anak sakit yang menderita demam di rumah lebih mengedepankan tatalaksana non farmakologis. Seperti mencukupi kebutuhan cairan, kompres air hangat, dan menggunakan pakaian tipis.

"Jika terdapat tanda-tanda bahaya, segera bawa anak ke Fasilitas Pelayanan Kesehatan terdekat," imbuhnya. 

BACA JUGA:Hari Ini, Jalan di Jembatan Margasana Jatilawang Akan Ditutup Total Pukul 20.00 - 03.00

Sebagai upaya waspada, membeli obat secara online dapat dilakukan hanya di apotek yang telah memiliki izin Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi (PSEF). (mhd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: