Orang Tua Setuju Siswa Pakai Baju Adat, Ini Tujuannya

Orang Tua Setuju Siswa Pakai Baju Adat,  Ini Tujuannya

Ilustrasi Siswa SMP -DOK. ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Orang tua siswa jenjang sekolah SD dan SMP di Kabupaten PURBALINGGA mendukung adanya penggunaan baju adat sebagai seragam sekolah

"Di sebagian daerah di Provinsi Bali dan Jawa Timur penggunaan baju adat di sekolah sudah dilaksanakan. Jadi saya rasa tidak masalah jika dilaksanakan secara nasional juga," kata Dessy, salah satu orang tua siswa, yang ditemui Radarmas, Selasa, 18 Oktober 2022.

Sebab, jika melihat maksud dan tujuan penggunaan baju adat tersebut sesuai dengan Permendikbud Nomor 50 Tahun 2022 tentang Pakaian Seragam Sekolah Bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, sangat baik. 

BACA JUGA:Chikungunya Serang Desa Klapasawit, Begini Kondisinya

"Setahu saya aturan pakai baju adat di sekolah ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme pada siswa. Itu sangat baik, karena rasa nasionalisme memang harus dipupuk sejak dini, terutama di bangku sekolah," ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan, Andi, salah satu orang tua siswa di SMPN di Kabupaten Purbalingga.

Menurutnya dari pemahamannya, pada aturan disebutkan penggunaan baju adat ini bertujuan untuk meningkatkan kesetaraan antar siswa.

BACA JUGA:Penggunaan Baju Adat di Sekolah Purbalingga, Paling Cepat Tahun Ajaran Depan

Tanpa memandang latar belakang sosial ekonomi dan meningkatkan disiplin. 

"Ini sangat bagus. Cuma aturan pelaksanaan di lapangan terutama di Purbalingga harus jelas. Karena sudah banyak permasalahan yang terjadi di sekolah terkait pengadaan segaram sekolah," ujarnya ditemui terpisah.

Nah, untuk lebih mengetahui aturan pakai baju adat di sekolah, berikut rangkuman pemakaian segaram sekolah pada Permendikbud Nomor 50 Tahun 2022 tentang Pakaian Seragam Sekolah bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

BACA JUGA:Purbalingga Belum Masuk Darurat Siaga Bencana, Ini Penyebabnya

Pakaian seragam nasional digunakan oleh Peserta Didik paling sedikit hari Senin dan Kamis serta pada pelaksanaan upacara bendera.

Jenjang SD menggunakan atasan putih dan bawahan celana atau rok berwarna merah hati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: