Gempa Bumi Guncang Dieng Banjarnegara dan Sekitarnya

Gempa Bumi Guncang Dieng Banjarnegara dan Sekitarnya

--

BANJARNEGARA - Gempa bumi mengguncang Dieng, Kabupaten Banjarnrgara dan sekitarnya pada Minggu (4/9/2022) pukul 04:10:14 WIB. Gempa tektonik ini berkekuatan magnitudo 3.1 dan pusat gempa berada pada koordinat 7,22° Lintang Selatan dan 109,89° Bujur Timur.

Kepala Stageof BMKG Banjarnegara Hery Susanto Wibowo menjelaskan episentrum gempa berada di darat pada jarak 16 kilometer barat laut Wonosobo pada kedalaman sembilan kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal," terangnya.

Dikatakan, guncangan gempa bumi dirasakan daerah Dieng, Kepakisan, Karangtengah, Pekasiran, Bitingan dan Desa Pranten Kecamatan Bawang Kabupaten Batang

 "Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang," terangnya.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

"Hasil monitoring BMKG, hingga pukul 05:00 WIB belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock," terangnya.

Lebih lanjut dia menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Dia juga meminta agar masyarakat menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa," himbaunya. Sebelum masuk ke dalam rumah, pastikan tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan dan kekuatan bangunan.(drn)

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: