Mengenali Bagian-Bagian Motor Matic yang Harus Diservis Secara Rutin

Mengenali Bagian-Bagian Motor Matic yang Harus Diservis Secara Rutin

Bagian-bagian pada sepeda motor matic yang harus rutin diservis ini wajib dipahami oleh pemilik dan pengendara motor matic.-Fahma Ardiana-

Beberapa sepeda motor matic dapat menempuh jarak 2000 km dalam sebulan, sementara sepeda motor matic lainnya memerlukan waktu lebih dari dua bulan untuk menempuh jarak yang sama.

Kapan harus membawa sepeda motor matic ke bengkel terdekat untuk diservis?

Untuk sepeda motor matic tua mulai tahun 2000 dan seterusnya, sebaiknya sepeda motor matic Anda diservis ketika jarak tempuh sudah mencapai 2000 km.

Sepeda motor matic baru harus menjalani pemeriksaan dan perawatan kendaraan setelah jarak tempuh mencapai kurang lebih 4.000 sampai 5.000 km.

Jenis Servis Motor Matic

Berikut di bawah ini merupakan jenis-jenis servis motor matic yang harus Anda pahami:

1. Servis Sepeda Motor Matic Kategori Ringan

Servis sepeda motor matic kategori ringan yaitu untuk penggantian oli, pemeriksaan rem, penggantian kampas rem, busi, suspensi, penerangan, karburator, aki, serta penggantian tekanan ban.

2. Servis Sepeda Motor Matic Kategori Berat

Servis sepeda motor matic kategori berat meliputi pemeriksaan dan perbaikan mesin, atau penggantian komponen-komponen dalam mesin, seperti penggantian casing klep, seal, penurunan mesin, dan lain-lain.

Bagian-Bagian Motor Matic yang Harus Diservis

Ada bagian-bagian motor matic yang harus rutin diservis, untuk menunjang kinerja motor matic Anda. Bagian-bagian tersebut meliputi:

1. Penggantian Oli Mesin

Oli mesin motor matic memiliki fungsi sebagai pelumas, cairan pendingin, dan pelindung mesin. Oleh karena itu, perlu dilakukan penggantian oli secara berkala tergantung jarak tempuh.

BACA JUGA:Cara Belajar Otomotif dengan Cepat untuk Pecinta Motor Matic

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: