Batu Diduga Prasasti Ditemukan di Bantaran Sungai Cijolang Dayeuhluhur

Batu Diduga Prasasti Ditemukan di Bantaran Sungai Cijolang Dayeuhluhur

Tim BPK saat melakukan pendataan terhadap batu yang diduga prasasti di bantaran Sungai Cijolang.-Kuswari untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Sebuah batu yang diduga merupakan prasasti, ditemukan di bantaran Sungai Cijolang Deyeuluhur. Atas temuan tersebut Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah X meninjau ke lokasi penemuan.

Kuswari, Ketua Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI) Kabupaten Cilacap yang turut mendampingi tim BPK mengatakan, prasasti tersebut ditemukan oleh komunitas sejarah Dayeuhluhur.

"Jadi terdapat sebuah batu dengan goresan-goresan yang diduga tulisan prasasti," katanya, Rabu (18/9/2024).

Temuan tersebut segera dilaporkan secara tertulis kepada pihak BPK dan segera ditindaklanjuti dengan peninjauan ke lokasi, Selasa (17/9/2024) kemarin.

BACA JUGA:Kecamatan Kawunganten dan Jeruklegi, Dua Wilayah Terdampak Kekeringan Paling Parah di Kabupaten Cilacap

BACA JUGA:Harga Komoditas Cabai di Pasar Tradisional di Kabupaten Cilacap Merangkak Naik

"Dengan peninjauan dari tim BPK diharapkan dapat diketahui mengenai sejarah Dayeuhluhur," tandasnya.

Menurutnya, temuan batuan yang diduga prasasti bukan kali pertama namun pada tahun 2016 lalu juga pernah ditemukan batuan serupa.

"Kalau temuan pada tahun 2016 dulu dari keterangan arkeolog asal Jawa Barat memuat tulisan Kaganga, batu itu sekarang masih kita simpan," tandasnya.

Tim dari BPK sendiri belum dapat menyimpulkan mengenai batu yang diduga prasasti ini. Mereka baru mendokumentasikan dan mencatat temuan tersebut untuk dikaji lebih lanjut.

"Tim BPK baru sebatas melakukan pendataan serta dokumentasi saja dan akan dilakukan kajian lebih lanjut," pungkas Kuswari. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: