Mengenali Bagian-Bagian Motor Matic yang Harus Diservis Secara Rutin

Mengenali Bagian-Bagian Motor Matic yang Harus Diservis Secara Rutin

Bagian-bagian pada sepeda motor matic yang harus rutin diservis ini wajib dipahami oleh pemilik dan pengendara motor matic.-Fahma Ardiana-

BACA JUGA:Penyebab Motor Matic Honda Scoopy Tidak Dapat Distarter

 

Biaya yang Anda keluarkan biasanya mencakup biaya pembelian oli (harga bervariasi menurut merek) dan biaya jasa ganti oli.

2 Penggantian Oli Gandar

Operator sepeda motor matic wajib mengganti oli gandar secara berkala. Ingatlah bahwa fungsi oli gardan adalah untuk melumasi roda gigi transmisi variabel kontinu (CVT).

Waktu penggantian didasarkan pada formula dua kali penggantian oli mesin diikuti dengan satu kali penggantian oli gardan.

3. Busi

Busi adalah suatu bagian atau komponen sepeda motor matic yang mempunyai fungsi untuk mengubah arus listrik dari kumparan menjadi percikan api sehingga mesin dapat dihidupkan.

BACA JUGA:9 Motor Matic Murah untuk Mahasiswa: Pilihan Terbaik dengan Budget Terbatas!

BACA JUGA:Motor Matic dengan Tangki Paling Besar: Ada yang Tembus Sampai 16 Liter

 

Jika busi tidak berfungsi dengan baik, sepeda motor akan sulit dihidupkan. Ini memerlukan penggantian busi.

4. Kampas Rem

Keselamatan berkendara merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan. Salah satu komponen sepeda motor matic yang mempunyai pengaruh besar terhadap keselamatan adalah sistem pengereman.

Kampas rem motor matic yang tipis dapat mengurangi cengkeraman rem dan menyebabkan kecelakaan. Inilah alasan penting mengapa Anda harus selalu memeriksa kondisi kampas rem saat melakukan servis sepeda motor matic.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: