Pemanfaatan Pompa Air Tenaga Surya untuk Pengairan Sawah di Desa Banjarwaru Kabupaten Cilacap

Pemanfaatan Pompa Air Tenaga Surya untuk Pengairan Sawah di Desa Banjarwaru Kabupaten Cilacap

Foto bersama Tim Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Cilacap (PNC) di depan pompa air bertenaga surya di Desa Banjarwaru. Kabupaten Cilacap.-Vicky Prasetya untuk Radarmas-

Berdasarkan pengalaman desa-desa wisata yang sukses seperti desa panggok dan beberapa desa wisata di Yogyakarta, kegiatan ini perlu melibatkan masyarakat sekitar desa tersebut.

Adapun tahapan dari kegiatan instalasi Photovoltaic ini adalah sebagai berikut: Menyusun rencana kebutuhan peralatan listrik dari hasil FGD, mendesain instalasi listrik, memasang peralatan sesuai dengan desain, dan menguji hasil instalasi peralatan listrik yang telah dibuat.

BACA JUGA:Gelombang Tinggi Hantam 7 Kios di Pantai Sodong Cilacap

BACA JUGA:Perbaikan Dokumen Administrasi 4 Paslon Peserta Pilkada 2024 Cilacap Lengkap 

"Pada tahap ini perlu peran serta mitra yakni warga Desa Banjarwaru, untuk menyiapkan sumur bor dan membantu melaksanakan pemasangan PATS. Pemasangan PATS wajib memenuhi kaidah K3 untuk keselamatan pemasangan," tandasnya.

Kesuksesan pengembangan desa wisata sangat tergantung dari peran serta dan partisipasi warga, dalam pengembangan desa wisata. Salah satu bentuk keterlibatan masyarakat adalah ikut membangun sarana untuk kebutuhan PATS tersebut.

Agar pemahaman masyarakat tentang instalasi listrik dan perakitan Photovoltaic sebagai sumber energi alternatif dapat diterima secara utuh, maka akan dilakukan pelatihan terlebih dahulu sebelum melaksanakan instalasi listrik di lapangan. 

Adapun tahapan pelatihan instalasi listrik dan pemasangan Photovoltaic yakni dasar-dasar bidang kelistrikan, penggunaan alat ukur listrik, praktek Instalasi peralatan listrik dan PV, dan pengujian dan troubleshooting instalasi.

BACA JUGA:Gelombang Tinggi hingga 4 Meter di Perairan Selatan Cilacap Masih Berpotensi Terjadi hingga Awal Pekan

BACA JUGA:Dispertan Cilacap Sediakan 1.000 Vaksin Cegah Rabies

"Harapan kami, pengabdian ini dapat memberikan manfaat dan membantu mengurangi biaya produksi padi. Serta menjadi sarana wisata edukasi pemanfaatan energi terbarukan di Desa Banjarwaru," pungkasnya.

 Dalam kesempatan itu, Mugi Prihantono selaku Kepala Desa Banjarwaru menyampaikan terimakasih kepada tim pengabdian dari PNC.

"Harapan kami, kegiatan ini dapat memberikan manfaat untuk sektor pertanian di desa kami ketika musim kemarau tidak lagi mengalami kekurangan air," ucapnya. (*/ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: