Dispertan Cilacap Sediakan 1.000 Vaksin Cegah Rabies

Dispertan Cilacap Sediakan 1.000 Vaksin Cegah Rabies

Kepala Bidang Perternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Cilacap Slamet Sugino.-Slamet Sugino untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Dinas Pertanian (Dispertan) menyediakan 1.000 dosis vaksin rabies bagi hewan peliharan, untuk peringati hari rabies yang sedianya akan dilaksanakan pada akhir bulan September.

Kabid Perternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Cilacap, Slamet Sugino mengatakan, penyediaan vaksin sebagai upaya untuk pencegahan penularan penyakit rabies pada hewan peliharaan.

"Untuk vaksinasi rabies dan pengobatan bagi hewan peliharaan yang sakit, khususnya hewan penular rabies (HPR) seperti kucing, anjing, musang dan kera," katanya, Minggu (7/9/2024).

Selain itu, sebagai upaya meningkatkan kesadaran bagi masyarakat pecinta hewan peliharaan atau kesayangan tentang pencegahan dan pengendalian penyakit rabies.

BACA JUGA:Kasus Stunting Hingga Pertengahan 2024 Masih Tinggi, Ini Upaya Pemkab Cilacap

BACA JUGA:45 Shelter Bencana Disiapkan Antisipasi Bencana Tsunami di Kabupaten Cilacap

"Selain penyediaan vaksin, rencananya akan kita adakan komunikasi, pemberian informasi dan edukasi bilamana ada kejadian gigitan dari hewan penular rabies dan apa yang harus dilakukan," lanjutnya.

Untuk sasarannya, para komunitas pecinta hewan yang ada di wilayah Kota Cilacap dan sekitarnya.

Sedangkan untuk pelayanan yang diberikan meliputi pemeriksaan dan pengobatan hewan secara umum, pemberian vitamin dan konsultasi gratis.

"Sudah 70 orang pemilik hewan peliharaan yang sudah mendaftar dengan jumlah hewan sekitar 150 an," tandasnya.

Meski demikian, Slamet memastikan, belum ada kasus hewan terjangkit rabies di Kabupaten Cilacap sejak tahun 1997 dan harapannya tidak akan pernah ditemukan kasus rabies.

"Untuk edukasi awal ciri-ciri hewan yang tertular rabies pertama hiperaktif, lalu keluar air liur dari mulut, takut air, takut cahaya," pungkasnya. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: