Jelang Tahapan Vermin Berkas Pendaftaran Pilkada, Bawaslu Bakal Lakukan Pengawasan Ketat

Jelang Tahapan Vermin Berkas Pendaftaran Pilkada, Bawaslu Bakal Lakukan Pengawasan Ketat

Peluncuran peta kerawanan Pilkada tahun 2024 di Wisma Asri Tien Catering.-ADITYA/RADARMAS-

penanggulangan untuk memastikan kelancaran Pemilihan Serentak 2024, meskipun terjadi bencana.

Rekomendasi Bawaslu kepada Disdukcapil Kabupaten Purbalingga, untuk mendorong untuk melaksanakan perekaman e-KTP secara lebih masif untuk memastikan semua warga yang memenuhi syarat memiliki e-KTP. Sehingga dapat menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Serentak 2024.

BACA JUGA:Jelang Tahapan Pendaftaran Pilkada Purbalingga, Bawaslu Ingatkan KPU Patuhi Regulasi

BACA JUGA:Bawaslu Purbalingga Berikan Dua Masukan dalam Rapat Pleno Penetapan DPS Pilkada 2024

Rekomendasi Bawaslu kepada Dinkominfo Kabupaten Purbalingga, uendorong melaksanakan penyaringan dan pemblokiran terhadap konten serta informasi hoaks, Ujaran kebencian dan Politisasi SARA yang dapat mempengaruhi integritas Pemilihan Serentak 2024.

Rekomendasi Bawaslu kepada Pemda, ASN, TNI dan Polri, Bawaslu mengajak stakeholder, ASN, TNI, Polri dan masyarakat untuk bersama-sama membangun komitmen bahwa ASN/TNI/POLRI dan Aparatur Pemerintah Desa/Kel harus netral.

Rekomendasi Bawaslu kepada PLN, untuk melaksanakan mitigasi agar tidak ada pemadaman listrik selama proses pemungutan dan penghitungan suara. Sehingga proses pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilihan Serentak 2024 berjalan dengan lancar.

Sedangkan, rekomendasi Bawaslu kepada KPU, agar melaksanakan verifikasi data pemilih secara proaktif untuk memastikan seluruh pemilih yang memenuhi syarat terdaftar dalam DPT pada Pemilihan Serentak 2024.

BACA JUGA:Pasca Temuan Daftar Pemilih Bawaslu, Dindukcapil Purbalingga Siap Perbaiki Data Kependudukan

BACA JUGA:Bawaslu Perintahkan Jajarannya Awasi Tahapan Mutarlih Sebelum Penetapan DPS

"Agar memastikan SIDALIH, SILON, dan SIREKAP ataupun alat kerja yang berbasis IT lainya dapat diakses dengan baik," imbuhnya.

Meningkatkan sosialisasi kepada Masyarakat tentang pentingnya terdaftar dalam DPT agar dapat menggunakan hak pilihnya.

Memastikan kembali jumlah dan kesesuaian logistik pemungutan suara sebelum distribusi ke TPS untuk menghindari kekurangan atau kesalahan.

Serta, memberikan pelatihan yang lebih intensif kepada KPPS untuk memastikan kompetensi dan integritas mereka dalam menjalan tugas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: