Wisatawan Diminta Waspada, Ada Potensi Gelombang Tinggi di Pesisir Cilacap

Wisatawan Diminta Waspada, Ada Potensi Gelombang Tinggi di Pesisir Cilacap

Suasana wisatawan bermain di Pantai Widarapayung.-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Cilacap mengimbau wisatawan di Pantai Selatan Cilacap untuk waspada. 

Hal ini dikarenakan, gelombang tinggi akan terjadi diprediksi terjadi di Laut Selatan Cilacap hingga beberapa hari ke depan.

"Wisatawan harus tetap berhati-hati bila berlibur ke pantai," kata Prakirawan BMKG Cilacap,  Rendi Krisnawan

Rendi memperkirakan ketinggian gelombang di Laut Selatan Cilacap hari ini mencapai 2-4 meter. Potensi gelombang tinggi, lanjutnya, bisa saja berlanjut akhir pekan.

BACA JUGA:12 Dokumen dari Kantor UPTD Perbengkelan Dinas PUPR Cilacap Disita Kejaksaan Negeri Cilacap

BACA JUGA:10 Organisasi Sayap Partai Golkar Siap Menangkan Pasangan Syamsul-Sindy

"Untuk wisatawan agar tidak bermain di pantai dan tidak berenang laut dulu. Karena gelombang laut yang tinggi dan berbahaya," katanya.

Menurutnya, ketika air laut pada posisi pasang naik. Tentunya ketinggian gelombang laut akan semakin signifikan dan membahayakan.

"Saat ini, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari timur - selatan dengan kecepatan angin berkisar 6 - 20 knot," katanya.

Sedangkan sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari Timura Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 8 - 25 knot. 

ntuk itu pihaknya meminta masyarakat untuk lebih memperhatikan keselamatan saat beraktivitas. Pihaknya pun koordinasi dengan pemangku kepentingan terkait kondisi gelombang tinggi di Cilacap.

"Kepada nelayan minimal untuk mengurangi kegiatan mencari ikan saat ombak di pantai selatan tinggi. Dari kejadian yang sudah-sudah banyak nelayan yang kurang memperhatikan kondisi sehingga banyak kejadian nelayan yang terhantam gelombang," ujarnya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: