Adisatrya Dampingi Pelaku UMKM, Fasilitasi Pembuatan Nomor Induk Berusaha

Adisatrya Dampingi Pelaku UMKM, Fasilitasi Pembuatan Nomor Induk Berusaha

SOSIALISASI : Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Adisatrya Suryo Sulisto memberikan arahan saat sosialisasi dan pendampingan pembuatan NIB bagi pelaku UMKM di Banyumas.-TIM ADISATRYA UNTUK RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Puluhan ribu pelaku UMKM di Kabupaten Banyumas dan  Cilacap masih belum memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB). Padahal, banyak fasilitas yang bisa didapatkan pelaku UMKM jika telah mendaftar atau memiliki NIB

Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Adisatrya Suryo Sulisto menyatakan, persoalan tersebut menjadi salah satu perhatiannya. Pendataan pelaku UMKM melalui registrasi NIB oleh bersangkutan akan mendatangkan banyak manfaat. 

"Kita mendorong pelaku usaha di Kabupaten Banyumas dan juga Cilacap agar  mendaftar NIB. Semakin banyak yang memanfaatkan fasilitas NIB dari pemerintah ini, tentu akan semakin baik," katanya. 

BACA JUGA:Sukses Gali Potensi Pertanian dan Wisata, Ini Cerita Desa Cikaso yang Raih Juara Desa BRILian

Hal tersebut disampaikan Adisatrya saat menggelar Sosialisasi dan Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi Pelaku Usaha Muda Banyumas di d’Garden Cafe and Resto Purwokerto, Kamis (1/8/2024) lalu.

Dia mengatakan, kegiatan tersebut juga merupakan salah satu langkah membantu pemerintah untuk mendata pelaku UMKM yang ada di masyarakat. Menurutnya, dari data yang ada, di Kabupaten Cilacap terdata ada 21 ribu pelaku usaha. Dari jumlah tersebut, yang mendaftar perijinan dan sertifikasi baru separuhnya. "Di Kabupaten Banyumas juga seperti itu," kata dia. 

Adisatrya mengatakan, selain pendaftaran NIB, dia juga berkomitmen mendampingi para pelaku UMKM untuk mengangkat segala peluang yang ada, sekaligus membesarkan randing usaha yang akan dijalankan.

BACA JUGA:DPRD Minta Pemkab Purbalingga Serius Tangani Permasalahan Sampah

Selain menggelar pendampingan UMKM di Kabupaten Banyumas, Adisatrya juga menggelar kegiatan serupa di Cilacap. Kegiatan dilakukan beberapa kali. Tercatat ada ribuan pelaku UMKM yang mengikutinya. 

"Dengan mendaftar NIB, maka kita harapkan juga dari dinas untuk banyak membantu menyalurkan program-program maupun fasilitas dari pemerintah," sambung Politisi PDI Perjuangan ini.

Selain sosialisasi NIB untuk pengembangan usaha, adapun sosialisasi lain yang sudah dilakukan yakni terkait kemudahan untuk mendapat sertifikasi usaha. 

BACA JUGA:76 Orang Warga Desa Prapagan Cilacap yang Diduga Alami Keracunan Masih Dirawat

Adisatrya menegaskan, pada prinsipnya, dia berupaya membantu memberikan fasilitas dan kemudahan kepada pelaku UMKM. "Saya memiliki harapan, emakin banyak yang terdata, terdaftar, maka pelaku UMKM akan semakin maju dan berkembang," katanya. (dis)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: