Gagas Aplikasi Sistem Informasi Kebencanaan, BPBD Purbalingga Gandeng Fakultas Teknik Unsoed

Gagas Aplikasi Sistem Informasi Kebencanaan, BPBD Purbalingga Gandeng Fakultas Teknik Unsoed

Diskusi bersama BPBD Kabupaten Purbalingga dan tim Geologi Fakultas Teknik Unsoed di kantor BPBD Kabupaten Purbalingga.-ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga menggandeng Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto untuk membuat aplikasi sistem informasi kebencanaan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Purbalingga, Prayitno, mengatakan pihaknya menggandeng Fakultas Teknik Unsoed untuk menggagas aplikasi berbasis website maupun aplikasi Android untuk sistem informasi kebencanaan.

"Nantinya aplikasi ini akan terhubung dengan website Pemkab Purbalingga yakni www.purbalinggakab.go.id," kata mantan Kepala Dinporapar Kabupaten Purbalingga ini, Selasa, 2 Juli 2024.

Dia menjelaskan, aplikasi tersebut akan memberikan informasi kepada masyarakat terkait titik hunian warga, apakah merupakan wilayah rawan bencana atau tidak. "Aplikasi ini akan menggunakan sistem informasi geografi sebagai peta digitalnya," jelas mantan jurnalis ini.

BACA JUGA:Hemat, Perbaikan Ringan Alat Berat BPBD Dilakukan Sendiri

BACA JUGA:Hujan Sudah Mulai Jarang, BPBD Kabupaten Purbalingga Belum Dapatkan Permintaan Bantuan Air Bersih

Dia menambahkan, selain mendukung data rawan bencana, BPBD Kabupaten Purbalingga juga akan mendukung sumber daya manusia sebagai pengelola sistem informasi kebencanaan ini.

"Adanya sistem informasi kebencanaan ini sejalan dengan misi BPBD Kabupaten Purbalingga yang lebih mengedepankan langkah pencegahan atau mitigasi bencana," tambahnya.

Mantan Kabag Humas Setda Purbalingga ini juga menjelaskan bahwa melalui aplikasi ini nantinya juga dapat dimanfaatkan sebagai media untuk melaporkan kejadian bencana. BPBD Kabupaten Purbalingga diketahui telah menggelar diskusi bersama Tim Teknik Geologi Unsoed untuk membahas hal tersebut.

Pertemuan yang digawangi langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Purbalingga dan dosen geologi Fakultas Teknik Unsoed, Dr. Indra Permana Jati, ST, MT, dan Ir. Januari Azis, ST, MEng, dilaksanakan di Kantor BPBD Kabupaten Purbalingga.

Diketahui, sejumlah wilayah di Kabupaten Purbalingga merupakan daerah rawan bencana alam, seperti bencana alam tanah longsor, banjir, dan tanah bergerak. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: