Jenis-Jenis Oli Sepeda Motor Matic yang Harus Dipahami

Jenis-Jenis Oli Sepeda Motor Matic yang Harus Dipahami

Mengenai oli mesin sepeda motor matic dan oli transmisi sepeda motor matic yang harus Anda pahami.-Fahma Ardiana-

Oli mesin sepeda motor matic juga telah memenuhi standar API (American Petroleum Institute), sebuah organisasi yang mengatur penentuan tingkat kualitas oli untuk menjaga performa mesin sepeda motor matic, sehingga pilihlah spesifikasi oli yang tepat untuk tipe sepeda motor matic Anda. 

Misalnya oli mesin sepeda motor matic MPX 2 memiliki spesifikasi yaitu SAE:10W-30, API-SL, JASO:MB. Interval penggantian oli biasanya setiap 1.500 hingga 2.000 km.

2. Oli transmisi atau oli gardan untuk sepeda motor matic

Oli transmisi untuk sepeda motor matic asli Honda ada dua jeni, oli dasar dan oli sintetik. Oli Sintetis menggunakan oli dasar sintetis dengan aditif tercanggih Honda.

BACA JUGA:Punya Bodi Ramping Namun Kurang Disukai, Inilah Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic Yamaha Aerox 125 LC

BACA JUGA:Simak Nih! Alasan Motor Matic Vespa Digemari Banyak Anak Muda, Sensai Berkendara Unik dan Menyenangkan

Hal itu bertujuan untuk memberikan pelumas dengan stabilitas oksidasi tinggi, penguapan minimal, dan performa maksimal pada transmisi tetap pada suhu rendah atau tinggi dapat menunjang performa.

Oli roda gigi memiliki fungsi untuk pelumas untuk mengurangi panas dan melindungi komponen dari keausan sepeda motor matic akibat gesekan.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui spesifikasi oli mesin dan transmisi setiap jenis dan tahun sepeda motor matic.

Agar tidak salah dalam memilih spesifikasi oli, sebaiknya isi oli Anda di bengkel sepeda motor matic setempat di mana Anda bisa mendapatkan perawatan dan penggantian suku cadang terbaik dari Honda. 

Itulah mengenai oli mesin sepeda motor matic dan oli transmisi sepeda motor matic yang harus Anda pahami. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: