5 Cara Mengatasi CVT Motor Matic Kamu yang Berisik

5 Cara Mengatasi CVT Motor Matic Kamu yang Berisik

5 Penyebab CVT Motor Matic Berisik-Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Motor matic dengan teknologi Continuously Variable Transmission (CVT) telah menjadi pilihan populer bagi para pengendara yang mengutamakan kenyamanan dan kemudahan dalam berkendara. CVT memungkinkan Motor matic untuk beroperasi tanpa perlu melakukan pergantian gigi secara manual.

CVT, atau Continuously Variable Transmission, adalah sistem transmisi otomatis yang memungkinkan motor matic untuk secara halus mengatur perpindahan tenaga atau daya dari mesin menuju roda belakang. 

Prinsip kerja CVT menggunakan sabuk V-belt yang menghubungkan pulley sekunder dan pulley primer. Perpindahan tenaga dilakukan dengan menerapkan gaya gesekan berdasarkan prinsip gaya sentrifugal, yang bergerak menjauhi pusat lingkaran.

Fungsi utama CVT adalah memfasilitasi pengendara dalam mengatur kecepatan kendaraan tanpa perlu mengalami hentakan yang signifikan saat percepatan atau perlambatan. Dengan demikian, pengalaman berkendara menjadi lebih nyaman dan efisien.

CVT seringkali mengalami measalah, dimana CVT mengeluarkan suara yang berisik. Untuk mengatasi masalah bunyi berisik pada CVT motor matic, berikut adalah Cara Mengatasi CVT motor Matic Kamu yang Berisik:

1. Merawat Van Belt CVT Motor Matic

CVT (Continuously Variable Transmission) merupakan salah satu komponen krusial pada motor matic modern. Salah satu masalah umum yang sering terjadi pada CVT adalah suara berisik dan masalah selip, yang sering kali disebabkan oleh kondisi van belt yang sudah aus atau kendur.

BACA JUGA:KEREN!! 7 Fitur Canggih Andalan Motor Matic Aerox 155, Raja Jalanan yang Stylish dan Cerdas

BACA JUGA:Waspadai!! 7 Akibat Fatal dari Penggunaan Oli Mesin Motor Matic yang Tidak Sesuai Spesifikasi

Suara berisik pada CVT motor matic umumnya disebabkan oleh keadaan van belt yang mengalami aus atau kendur. Ketika van belt aus, gesekan yang tidak normal dapat terjadi saat motor berjalan, menghasilkan suara gemeretak atau gesekan yang mengganggu.

Selip terjadi ketika akselerasi awal tidak sesuai dengan putaran atau tenaga yang dihasilkan tidak maksimal. Hal ini bisa mengindikasikan bahwa van belt tidak lagi memberikan transmisi tenaga secara efisien.

Untuk mengatasi masalah suara berisik dan selip pada CVT motor matic, Maka lakukan perawatan rutin sesuai dengan panduan yang disarankan oleh produsen. Pastikan untuk memeriksa kondisi van belt secara berkala dan menggantinya jika diperlukan.

Gunakan van belt yang sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan oleh produsen motor matic Anda. Penggunaan van belt yang tidak sesuai dapat mengakibatkan masalah lebih lanjut pada sistem CVT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: