Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Pastikan Hewan Kurban Aman

Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Pastikan Hewan Kurban Aman

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Cilacap Slamet Sugino.-DOK RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Jelang Idul Adha, Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap memastikan hewan kurban di Kabupaten Cilacap aman dari penyakit hewan. 

Hal ini diungkapkan Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Slamet Sugino. "Insyaallah aman semua, ada laporan-laporan gejala penyakit muluk kuku, namun tidak banyak, sudah kita periksa dan obati dan sudah sembuh," katanya.

Adapun kebutuhan ternak sapi di Cilacap saat Idul Adha biasanya mencapai kisaran 5 ribu ekor, sedangkan kambing sekitar 10 ribu ekor. 

Selain itu, pihaknya akan kembali melakukan pemantauan dan pemeriksaan sebelum penyembelihan di tempat pemotongan hewan kurban pada tanggal 16 Juni mendatang. 

BACA JUGA:7 Ribu lowongan Pekerjaan Tersedia Dalam Job Fair 2024 Cilacap

BACA JUGA:50 Ribu Warga Berpotensi Alami Krisis Air Bersih, Ini Upaya BPBD Cilacap

"Pemberian vaksin hewan juga akan kami lakukan ke hewan kurban sebelum penyembelihan untuk memastikan kekebalan dan juga penyemprotan disinfektan," kata dia.

Tidak hanya itu, pada tanggal 17 Juni atau setelah dilaksanakan penyembelihan, Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap juga akan kembali melakukan pemantauan untuk menjamin keamanan daging sebelum dikonsumsi manusia.

"Untuk memastikan biasanya di dalam jeroan ada yang ditemukan cacing hati atau sejenisnya," ujarnya.

Untuk itu, pihaknya berkoordinasi dan bekerjasama dengan sejumlah petugas yang meliputi dokter hewan, pengawas bibit ternak serta sejumlah paramedik yang tersebar di wilayah eks Distrik Kroya, Jeruklegi, Sidareja dan Majenang. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: