Jenis Oli Motor Matic yang Harus Rutin Diganti

Jenis Oli Motor Matic yang Harus Rutin Diganti

Mengenai oli pada sepeda motor matic yang harus rutin diganti yaitu oli mesin dan juga oli transmisi JASO MB.-Fahma Ardiana-

BACA JUGA: Terobosan Baru! Teknologi Canggih dalam Motor Matic All New Honda Beat, Lincah, Irit, dan Stylish

 

 

JASO MA sering digunakan pada sepeda dengan kopling basah seperti sepeda sport yang komponen koplingnya direndam dalam oli mesin.

Sedangkan JASO MB lebih cocok digunakan pada sepeda motor dengan kopling kering, seperti sepeda motor yang bagian koplingnya tidak terendam oli mesin.

Selain itu, oli mesin juga menggunakan standar kekentalan yang tercantum dalam kode standar Society of Automotive Engineers (SAE) sebagai indeks kekentalan oli global.

Selain itu, oli motor juga telah memenuhi standar American Petroleum Institute (API), sebuah organisasi yang mengatur penentuan kualitas oli untuk menjaga performa mesin.

BACA JUGA:Kelebihan Motor Matic Suzuki Nex Crossover Dibandingkan dengan Yamaha X-Ride dan Honda Beat Street

BACA JUGA:Ngabers Wajib Tau! 7 Kelebihan Downsize Sok Depan Motor Matic Yamaha Aerox, Berkendara Gesit dan Sporty

 

Oleh karena itu, penting untuk memilih standar oli yang sesuai dengan jenis sepeda motor. Disarankan agar oli diganti setiap 1.500 hingga 2.000 km atau 2 bulan sekali.

Setiap kali mengganti oli, gunakan pembersih sistem oli atau pembilas mesin untuk menghilangkan oli bekas dengan benar, mencegah terbentuknya endapan oli di mesin, dan mengurangi gesekan mesin secara optimal.

2. Deskripsi Oli Transmisi

Oli transmisi hanya diperlukan untuk sepeda motor bertransmisi matic.

BACA JUGA:Menakjubkan! Teknologi Canggih pada Motor Matic Freego 125, Kunci Kenyamanan dan Keamanan Berkendara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: