Cara yang Benar Saat Mengerem Menggunakan Motor Matic

Cara yang Benar Saat Mengerem Menggunakan Motor Matic

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan rem sepeda motor matic Anda agar selamat dan terhindar dari kecelakaan.-Fahma Ardiana-

5. Gunakan Rem Depan Pada Tanjakan

Saat mengerem sepeda motor matic di tanjakan, sebaiknya tekan tuas rem depan lebih rendah dari tuas rem belakang. Pasalnya, rem depan mampu menahan gaya dorong sepeda ke depan.

Hal ini dikarenakan gaya dorong sepeda motor matic ke depan lebih besar saat menuruni bukit, sehingga diperlukan rem depan untuk menjaga kecepatan. Sedangkan rem belakang dapat digunakan sebagai pengatur atau penyeimbang.

6. Hindari Pengereman Mendadak

Cara mengerem sepeda motor bertransmisi matic yang aman adalah dengan menghindari pengereman mendadak, terutama pada kecepatan tinggi.

BACA JUGA:3 Rekomendasi Motor Matic Murah dengan Bagasi Luas Cukup untuk Menyimpan Helm

BACA JUGA:Bingung Pilih yang Mana ? Inilah Perbedaan Motor Matic Honda Vario 125 vs Vario 160

 

 

Pengereman mendadak dapat menyebabkan roda terkunci dan menyebabkan sepeda motor matic kehilangan traksi.

Yang terbaik adalah menggunakan rem secara perlahan dan bertahap, dengan menarik rem secara perlahan dan melepaskannya secara perlahan.

Hal ini memungkinkan Anda mengerem secara efektif dan menghindari pengereman mendadak.

7. Perhatikan Kecepatan dan Jarak

Terakhir, waspadai kecepatan dan jarak Anda dari kendaraan di depan Anda. Ini membantu memprediksi situasi yang tidak diinginkan dan menghindari kecelakaan.

Saat berkendara, sebaiknya jangan terlalu dekat dengan mobil di depan dan selalu menjaga jarak aman. Jika jarak terlalu dekat, risiko terjadinya tabrakan akibat pengereman mendadak semakin besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: