Pengendara Wajib Tau! Deretan Motor Matic yang Memerlukan SIM C1

Pengendara Wajib Tau! Deretan Motor Matic yang Memerlukan SIM C1

Pengendara Wajib Tau! Deretan Motor Matic yang Memerlukan SIM C1-satlantas-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Deretan motor matic yang memerlukan SIM C1 menjadi hal yang wajib diketahui bagi pengendara, khususnya pecinta motor matic dengan mesin besar.

motor matic dikenal dengan kemudahan penggunaannya serta perawatan yang relatif simpel. Namun seiring dengan perkembangan teknologi dan keinginan menghadirkan performa bertenaga, hadirlah motor matic bongsor dengan spesifikasi mesin yang gahar.

Peraturan Kepolisian Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021, tentang Tata Cara Penerbitan Surat Izin Mengemudi Kendaraan Bermotor pun turut menyesuaikan. Pengendara motor matic dengan kapasitas mesin 250cc hingga 500cc, diwajibkan untuk memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) C1.

Hal ini dikarenakan motor matic di kategori tersebut, memiliki tenaga dan performa yang lebih besar dibandingkan motor matic pada umumnya. Menguasai teknik pengendaraan yang baik serta memahami karakteristik motor, menjadi krusial untuk keselamatan dan keamanan berkendara.

Deretan Motor Matic yang Memerlukan SIM C1

Oleh karena itu Anda sebagai pengendara motor matic wajib tau mengenai, deretan motor matic yang memerlukan SIM C1:

1. Yamaha TMAX DX

Yamaha TMAX DX menjadi primadona bagi pecinta motor matic bongsor. Mesin berkapasitas 530cc 2 silindernya mampu menghasilkan tenaga hingga 45,4 dk dan torsi 53,0 Nm, performa gahar tersebut dikemas dengan desain sporty dan futuristik.

BACA JUGA:Cara Mengganti Oli Gardan Motor Matic Sendiri

BACA JUGA:5 Kelebihan Motor Matic Yamaha Fino

Tak hanya itu, Yamaha TMAX DX juga dibekali dengan fitur-fitur canggih yang menunjang keamanan dan kenyamanan berkendara. Seperti traction control, ABS (Anti-lock Braking System), dan keyless entry.

2. Honda X-ADV

Motor matic bergaya adventure ini menggendong mesin 750cc 2 silinder, yang sanggup mengeluarkan tenaga 54 hp dan torsi 58 Nm. Dengan bekal tersebut, Honda X-ADV siap melibas berbagai medan jalan.

Desainnya yang gagah dan tangguh selaras dengan kemampuan jelajahnya. Suspensi Showa inverted fork dan ban dual purpose, turut mendukung performa off-road yang optimal.

3. BMW C 400 X dan C 400 GT

Pabrikan asal Jerman yaitu BMW turut meramaikan segmen motor matic bongsor, melalui BMW C 400 X dan C 400 GT. Keduanya sama-sama mengusung mesin 350cc 1 silinder, yang menghasilkan tenaga 34 hp dan torsi 35 Nm.

BACA JUGA:Keren! 5 Keunggulan Honda Beat yang Tidak Dimiliki Motor Matic Lainnya

BACA JUGA:Simak Nih! 5 Fungsi Lampu Jauh Motor Matic yang Perlu Kalian Tahu

Meski bermesin gahar, BMW C 400 X dan C 400 GT tampil dengan desain maxi scooter yang elegan dan modern. Fitur-fitur canggih seperti traction control, ABS, dan windshield yang dapat diatur ketinggiannya turut menambah kenyamanan berkendara.

4. Vespa GTS Super Tech 300

Vespa identik dengan desain klasik dan kentalnya budaya Italia. Namun Vespa GTS Super Tech 300 memecahkan stereotype tersebut, dengan menghadirkan performa yang tak bisa diremehkan.

Mesin 300cc 1 silindernya mampu menyemburkan tenaga 22,7 hp dan torsi 25,5 Nm. Vespa GTS Super Tech 300 tetap mempertahankan desain ikoniknya, namun dengan sentuhan modern seperti lampu LED, USB port, dan sistem pengereman ABS.

5. Kymco AK550

Kymco AK550 menawarkan perpaduan antara performa dan gaya. Motor matic maxi scooter ini dipersenjatai mesin 550cc 2 silinder yang gahar, dengan torehan tenaga 54 hp dan torsi 55 Nm.

BACA JUGA:7 Cara Merawat Knalpot Motor Matic yang Perlu Kalian Tahu!

BACA JUGA:5 Tips Perawatan Motor Matic Injeksi Agar Tetap Bertenaga

Desainnya yang sporty dan agresif, membuat Kymco AK550 terlihat begitu gagah. Fitur-fitur canggih seperti traction control, ABS, dan keyless entry melengkapi keunggulan motor matic asal Taiwan ini.

6. SYM Maxsym TL 500

SYM Maxsym TL 500 menghadirkan perpaduan kemewahan dan performa, dalam balutan desain maxi scooter yang gagah. Mesin 499cc 1 silindernya menghasilkan tenaga 40 hp dan torsi 42 Nm, siap membawa Anda menjelajah dengan penuh gaya.

Fitur-fitur canggih seperti traction control, ABS, dan windshield yang dapat diatur ketinggiannya turut melengkapi keunggulan SYM Maxsym TL 500. Bagi pecinta motor matic yang mencari kombinasi antara kemewahan, performa, dan kenyamanan, SYM Maxsym TL 500 adalah pilihan yang tepat.

7. Honda Forza 250

Honda Forza 250 merupakan salah satu motor matic maxi scooter terfavorit di Indonesia. Desainnya yang elegan dan modern dipadukan dengan berbagai fitur canggih, menjadikannya pilihan menarik bagi pengendara yang menginginkan kenyamanan dan kepraktisan.

BACA JUGA:Kymco GT 350i: Motor Matic Stylish Dengan Teknologi Terbaru Di Tahun 2024

BACA JUGA:Spesifikasi Motor Matic Suzuki Burgman yang Stylish

Mesin 250cc 1 silindernya menghasilkan tenaga 23 hp dan torsi 24 Nm, cukup bertenaga untuk penggunaan harian. Fitur-fitur seperti traction control, ABS, sistem pencahayaan LED, dan USB port semakin meningkatkan daya tarik Honda Forza 250.

8. Yamaha Xmax 250

Yamaha Xmax 250 menjadi pilihan tepat, bagi pecinta motor matic yang menginginkan performa tinggi dan desain sporty. Mesin 250cc 1 silindernya menghasilkan tenaga 23 hp dan torsi 23 Nm, mampu memberikan akselerasi yang responsif dan handling yang lincah.

Dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti traction control, ABS, dan sistem pencahayaan LED. Membuat Yamaha Xmax 250 siap menemani Anda, dalam berbagai petualangan di jalanan.

Dengan mengetahui deretan motor matic yang memerlukan SIM C1, Anda dapat memastikan bahwa Anda memiliki lisensi yang tepat untuk mengendarai kendaraan tersebut. Hal ini penting untuk menghindari pelanggaran lalu lintas, dan memastikan keselamatan diri dan orang lain di jalan raya. (akr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: