Fungsi dan Cara Kerja Idling Stop pada Motor Matic

Fungsi dan Cara Kerja Idling Stop pada Motor Matic

Informasi mengenai fungsi dan cara kerja sekaligus kegunaan dari fitur Idling Stop pada sepeda motor matic Anda. -Fahma Ardiana-

ECM kemudian menginstruksikan mesin untuk berhenti beroperasi ketika sistem ISS diaktifkan, dan ECM juga menginstruksikan alternator untuk menghidupkan kembali kendaraan ketika throttle diputar.

Cara Menggunakan Idle Stop

Untuk mengaktifkan fungsi idle stop, tekan tombol di stang kanan (tekan ke bawah) ke posisi idle. Saat tombol berada pada posisi netral, lampu indikator pada panel instrumen akan menyala.

BACA JUGA:5 Motor Matic Bodi Ramping dan Ringan yang Cocok untuk Cewek Imut

BACA JUGA:Risiko Jika Motor Matic Menggunakan Oli Mesin untuk Motor Manual

Saat mesin sepeda motor matic hidup, sensor memerintahkan Modul Kontrol Mesin (ECM) untuk mengaktifkan fungsi idle stop.

Jika Anda tidak ingin menggunakan fungsi idling stop, tekan tombol pada posisi stop (tekan tombol atas) dan fungsi idling stop tidak akan berfungsi.

Demikian sekilas tentang fungsi idle stop pada sepeda motor matic, cara kerja, dan cara penggunaannya. Idling Stop memungkinkan mesin hidup kembali tanpa menekan tombol starter.

Fitur ISS ini tentunya sangat memudahkan pengemudi sepeda motor matic.

BACA JUGA:SIMAK! Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED pada Motor Matic

BACA JUGA:Tau Kah Kamu, Alasan Dibalik Terciptanya Motor Matic?

Harap diperhatikan, jika Anda mengalami atau terlibat tabrakan dengan sepeda motor matic Honda dengan fungsi ISS, harap pastikan terlebih dahulu status pengapian sepeda motor matic dalam keadaan mati, untuk menghindari situasi yang tidak diinginkan.

memastikan ISS tetap berfungsi dengan baik, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut:

1. Pastikan sakelar ISS berada pada posisi aktif atau idle stop

Sakelar ISS terletak di sisi kanan stang. Untuk mengaktifkan fungsi ISS, cukup ubah posisi sakelar ke "Idle Stop". Saat kunci kontak diputar ke posisi “ON”, lampu indikator ISS akan menyala. Ini tandanya fungsi ISS berfungsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: