Museum Wayang Banyumas Lakukan Pembaruan Label Koleksi

Museum Wayang Banyumas Lakukan Pembaruan Label Koleksi

Staf Pengelola Museum Wayang Banyumas sedang melakukan pencatatan koleksi wayang kulit untuk dibuatkan label, Senin (1/4/2024).-Fijri Rahmawati/Radar Banyumas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Koleksi di Museum Wayang Banyumas sedang dilakukan pembaruan label data nomor registrasi inventaris. Tidak hanya pada wayang, juga koleksi lainnya di museum.

"Label tidak lagi ditempel di fisik koleksi," jelas Staf Pengelola Museum Wayang Banyumas, Trijono Indra, Senin (1/4/2024).

Label koleksi di Museum Wayang Banyumas terbuat dari kertas ditempel menggunakan double tape lalu ditutup dengan lakban bening. Label berisi nomor registrasi, nomor inventaris, dan nama koleksi.

Ternyata, penggunaan label tempel pada fisik koleksi dinilai berpotensi merusak. Misalnya, terkelupasnya cat pada wayang kulit. Sehingga, dinas memutuskan untuk mengganti setelah melalui proses kajian.

BACA JUGA:Jelang Ramadan, Museum Wayang Banyumas Ramai Kunjungan

BACA JUGA:Ada Pengunjung Tawar Tiket Museum Wayang Banyumas

"Saat ini kami sedang proses mencatat koleksi wayang kulit untuk dibuatkan labelnya," imbuh Indra di museum.

Salah satu koleksi yang telah dibubuhi label baru yaitu keris gajah endra. Label berisi data lengkap inventaris. Label dikaitkan menggunakan tali ke keris.

Keberadaan label data nomor registrasi inventaris bermanfaat bagi pengunjung. Sebab, pengunjung langsung dapat melihat nama koleksi yang tertera.

Berdasarkan pengamatan Staf Museum Wayang Banyumas terhadap pengunjung bahwa banyak yang memperhatikan detail koleksi. Label akan memudahkan pengunjung untuk memperoleh informasi diantaranya nama. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: