5 Trik Ampuh Menghaluskan Suara Mesin Motor Matic, Mulus Seperti Baru!

5 Trik Ampuh Menghaluskan Suara Mesin Motor Matic, Mulus Seperti Baru!

Trik Ampuh Menghaluskan Suara Mesin Motor Matic-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pengendara yang gemar touring, penting untuk mengetahui teknik menghaluskan suara mesin motor matic berikut ini. Caranya simpel, kok!

Saat menggunakan motor, seringkali kita mengalami suara mesin yang mengganggu. Namun, jangan khawatir, semua itu bisa diatasi dengan beragam cara menghaluskan suara mesin motor matic.

Penting untuk diingat, suara mesin motor matic umumnya tergantung pada kondisi mesin itu sendiri. Ketika kurang terawat atau tidak dicek secara rutin, suara mesin cenderung terdengar kasar.

Suara mesin motor yang kasar dapat mengganggu kenyamanan berkendara karena lebih mengganggu telinga pengendara. Namun, jangan cemas, kita dapat menerapkan beberapa tips agar suara mesin motor matic lebih lembut dan tidak mengganggu saat digunakan. Berikut ini adalah beberapa tipsnya!

BACA JUGA:8 Cara Agar Roller Motor Matic Awet, Kuncinya di Oli

BACA JUGA:7 Tips Merawat Motor Matic Agar Tetap Awet, Sekali Turun Mesin Sangat Mahal

Penyebab Suara Mesin Motor Matic Kasar

Sebelum menerapkan cara menghaluskan suara mesin motor matic, penting untuk memahami penyebabnya. Gas yang berlebihan dapat membuat suara mesin kasar dan performa motor menurun. 

Kondisi roller yang berubah bentuk juga bisa mengganggu suara motor dan stabilitas gerakan. Gearbox yang aus menyebabkan celah antara gigi tidak presisi, sementara sabuk van belt yang aus mengganggu bagian CVT motor. 

Kerusakan pada secondary sliding shaves juga dapat membuat suara mesin lebih bising, begitu juga dengan kampas kopling yang menipis, menyebabkan suara berdecit dan performa mesin yang terpengaruh.

5 Trik Ampuh Menghaluskan Suara Mesin Motor Matic, Mulus Seperti Baru!

1. Memperbaiki Baut yang Longgar

Salah satu cara menghaluskan suara mesin motor matic, kita dapat mencari baut-baut yang kendur dan melakukan perbaikan. Saat mengendarai motor, seringkali kita tidak menyadari bahwa beberapa baut bisa mengendur selama perjalanan tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: