Terlalu Sering Mendengarkan Lagu Sedih Dapat Mengganggu Kesehatan Mental

Terlalu Sering Mendengarkan Lagu Sedih Dapat Mengganggu Kesehatan Mental

Dampak negatif terlalu sering mendengarkan lagu sedih bagi kesehatan mental -Pinterest -

4. Perasaan Terisolasi 

Mendengarkan lagu-lagu sedih secara berlebihan juga dapat memperkuat perasaan terisolasi pada pendengarnya. 

Lagu-lagu dengan lirik yang menggambarkan kesendirian atau kehilangan, dapat membuat individu merasa bahwa mereka sendirian dalam perasaan mereka atau tidak ada yang memahami apa yang mereka alami.

Terutama bagi orang yang sudah merasa kesepian atau terisolasi sebelumnya, terlalu sering mendengarkan lagu yang sedih dapat memperdalam perasaan terisolasi. 

Selain itu, hal ini dapat menciptakan lingkaran setan di mana seseorang merasa semakin terisolasi dan sulit untuk mencari dukungan sosial.

5. Kehilangan Minat Pada Aktivitas 

Terlalu sering mendengarkan lagu-lagu sedih juga dapat menyebabkan seseorang kehilangan minat pada aktivitas yang positif dan menyenangkan. 

Dan perasaan sedih atau kehilangan yang dipicu oleh lagu-lagu sedih bisa mengurangi minat seseorang dalam melakukan hal-hal yang sebelumnya mereka nikmati. 

Misalnya, seseorang yang biasanya aktif dalam olahraga atau hobi tertentu mungkin kehilangan minat dalam melakukan aktivitas tersebut karena perasaan sedih yang terus menerus.

BACA JUGA:5 Terapi Paling Ampuh untuk Pemulihan Gangguan Kesehatan Mental, Menggali Solusi yang Efektif

BACA JUGA:7 Cara Pemulihan dari Gangguan Kesehatan Mental Sosial Anxiety, Jangan Khawatir!

Penting bagi seseorang untuk memperhatikan jenis musik yang mereka konsumsi secara teratur dan memahami dampaknya pada kesehatan mental mereka. 

Meskipun sesekali mendengarkan lagu-lagu sedih dapat menjadi pengalaman emosional yang bermanfaat. Terlalu sering terpapar pada jenis musik ini dapat menyebabkan masalah kesehatan mental yang serius. (dda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: