Pengacau Pilkades Serentak di Purbalingga Bakal Ditindak Tegas

Pengacau Pilkades Serentak di Purbalingga Bakal Ditindak Tegas

Personel pengamanan Pilkades sedang mengecek peralatan yang digunakan untuk pengamanan.-ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Kapolres PURBALINGGA AKBP Era Johny Kurniawan mengatakan, pihaknya akan bertindak tegas terhadap pihak-pihak, yang ingin mengacaukan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahap I 2022.

Hal itu diungkapkan Kapolres ditemui setelah kegiatan Apel Gelar Pasukan Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS Pilkades Serentak Kabupaten Purbalingga 2022, di Mapolres Purbalingga, Jumat. 18 November 2022.

"Kita berharap pelaksanaan Pilkades serentak bisa berjalan aman dan lancar. Jadi kami tidak akan main-main dengan pihak-pihak yang ingin mengacaukan Pilkades," katanya ditemui di ruang kerjanya.

BACA JUGA:Rencana Regrouping Lima SD di Grendeng Purwokerto Ditargetkan Tahun Depan

Terkait tingkat kerawanan Pilkades dia menjelaskan ada beberapa kategori rawan dalam pelaksanaan Pilkades. Yakni, diantaranya adalah rawan bencana alam dan rawan konflik sosial.

Dia melihat pelaksanaan Pilkades sejauh ini sudah berjalan lancar dan aman. Hal itu, dibuktikan dengan sudah ditetapkannya seluruh calon Kepala Desa (Kades), di 31 Desa yang tersebar di 15 kecamatan.

Menurutnya, jika ada permasalahan di lapangan hal itu sudah bisa diatasi. Kalau pun belum, pihaknya akan terus menjalin komunikasi dengan seluruh pihak, agar jalannya Pilkades berjalan aman dan lancar.

BACA JUGA:Studi Kelayakan Tol Jogja - Cilacap Via Banyumas Selesai Tahun Ini, Ini Tahapan Selanjutnya

Dia juga mengungkapkan, pihaknya menyiapkan dua skenario dalam pengamanan Pilkades Serentak 2022. 

“Wilayah atau desa yang dinyatakan yang aman, rencananya satu lokasi TPS akan dijaga oleh 2 anggota POLRI, 1 anggota TNI dan 2 orang Linmas," ungkapnya.

Sedangkan, untuk desa yang masuk kategori rawan akan lokasi TPS akan dijaga oleh 4 anggota Polri, 2 anggota TNI, dan 4 Linmas.

BACA JUGA:2024 Angka Stunting di Purbalingga Ditargetkan Turun Menjadi 14 Persen

"Kami juga sudah membagi pengamanan menjadi 3 distrik dan 4 rayon. Kami juga akan membuat posko di Pendapa Dipokusumo," lanjutnya.

Diketahui, ada 31 Desa di 15 Kecamatan yang akan melaksanakan pilkades serentak. Dengan total Daftar Pemilih Tetap atau DPT sebanyak 111.799 pemilih. Data yang ada akan dibangun 216 TPS di 31 lokasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: