Lebaran 2024 Dipastikan Tak Ada Kenaikan Tarif BRT

Lebaran 2024 Dipastikan Tak Ada Kenaikan Tarif BRT

NORMAL: Tarif dan jalur BRT tetap normal selama bulan Ramadan hingga Lebaran nanti.-Dok Amarullah Nurcahyo/Radarmas-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Lebaran tahun 2024 ini, penumpang bus rapid transit (BRT) atau biasa disebut Bus Trans Jateng masih bisa bernafas lega. Karena pengelola BRT tidak akan menaikan ongkos atau tarif BRT ini.

Ketua DPC Organda Kabupaten Purbalingga, Karyono, Rabu 20 Maret 2024 menuturkan, tarif masih Rp 4.000 untuk umum, Rp 2.000 untuk siswa sekolah dan karyawan pabrik.

Pihaknya juga belum menerima informasi adanya rapat bersama membahas penyesuaian tarif angkutan umum lebaran. Biasanya persiapan akan dilakukan saat pertengahan Ramadan.

Namun khusus untuk BRT atau  tarif tetap sama, tidak ada kenaikan. Karena sudah dipastikan tidak akan ada berdasarkan kebijakan dan keputusan gubernur.

BACA JUGA:Load Factor BRT Diatas 90 Persen, Tarif Ubah Tarif

BACA JUGA:Penumpang Stabil 100 Persen, Baru Bisa Tambah Armada BRT

Harapannya akan membantu masyarakat baik anak sekolah maupun para buruh, atas tidak naiknya tarif ini.

Dirinya menilai jika adanya kenaikan biasanya karena jasa angkutan mempertimbangkan beberapa kondisi. Mulai dari trayek yang semakin ramai, kebutuhan juga naik dan diputuskan dalam rapat bersama.

Biasanya yang menyebabkan pengguna angkutan umum bergejolak, karena angkutan umum seakan menaikkan tarif seenaknya. Bahkan sampai lebaran usai beberapa hari, kenaikan tarif masih berlaku.

“Jika ada pengaduan kenaikan tarif yang esktrem atau tidak sesuai kesepakatan, akan ditindak oleh dinas terkait, seperti saat Dinhub melakukan sidak. Namun saking banyaknya angkutan umum, pengendalian ini biasanya masih membutuhkan optimalisasi,” ujarnya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: