Ciri-Ciri dan Penyebab Gangguan Kesehatan Mental Bipolar

Ciri-Ciri dan Penyebab Gangguan Kesehatan Mental Bipolar

Penjelasan tentang ciri-ciri serta penyebab gangguan kesehatan mental bipolar.-Fahma Ardiana-

Gangguan bipolar tentu dapat disembuhkan, namun pemulihan dan kebebasan dari penyakit mental ini bergantung pada konseling, pengobatan, dan dukungan rutin dari keluarga dan komunitas Anda. Oleh karena itu, pasien sebaiknya tetap memeriksakan diri ke psikiater untuk pemulihan dan pengobatan lebih lanjut.

Bagaimana Gangguan Bipolar Diobati?

Tanpa pengobatan segera, episode manik dapat berlangsung selama 3 hingga 6 bulan, dan episode depresi dapat berlangsung setidaknya 6 hingga 12 bulan. Namun, dengan perawatan intensif, setiap episode terjadi dalam waktu minimal 3 bulan.

Beberapa metode dapat diikuti untuk pemulihan :

1. Konsumsi obat penstabil suasana hati untuk meredakan mania atau depresi sesuai anjuran psikolog.

2. Anda sedang mengonsumsi obat untuk mencegah penyebab utama depresi dan mania.

3. Kenali berbagai hal yang dapat menyebabkan mania dan depresi.

4. Pemulihan psikologis dapat dicapai dengan berkonsultasi dengan psikolog. Tidak jarang pasien yang memeriksakan diri ke psikiater tetap ditindaklanjuti oleh psikolog.

5. Menerapkan pola hidup sehat jasmani dan rohani. Misalnya rutin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, tidur yang cukup, serta merencanakan segala aktivitas.

6. Pada gangguan bipolar berat, terutama pada episode depresi yang melibatkan tindakan menyakiti diri sendiri, psikiater merekomendasikan pasien rawat inap.

Itulah dia penjelasan tentang ciri-ciri dan penyebab gangguan kesehatan mental bipolar. Jika Anda merasa seperti ciri-ciri di atas, segera ikuti metode pemulihannya. Namun jika tidak berhasil, segera hubungi tenaga medis yang berkompeten. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: