Sodetan Sungai Klawing Purbalingga Dimulai Dua Hari Lagi

Sodetan Sungai Klawing Purbalingga Dimulai Dua Hari Lagi

BAHAS: pejabat gabungan termasuk Perwakilan BBWS SO saat rapat membahas dimulainya lagi sodetan Klawing, Selasa 19 Maret 2024.-BPBD Purbalingga untuk Radarmas-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Penghujan masih berlangsung. Kerusakan aliran Sungai Klawing masuk wilayah Bancar, Kecamatan PURBALINGGA semakin parah. Usai berhenti beberapa pekan karena soal teknis, maka pada Kamis 21 Maret 2024 mendatang, alat berat kembali memulai pekerjaan sodetan.

Asisten 2 Sekda Purbalingga, Mukodam, saat memimpin rapat lintas OPD dengan BBWS SO, Selasa 19 Maret 2024 siang menjelaskan, rencana beberapa tanaman milik warga yang terkena sodetan, akan diganti sejumlah nominal uang. Kemudian pekerjaan fisik sodetan akan memakan waktu kurang lebih 40 hari.

"Proses pekerjaan ini direncanakan 40 hari dengan ukuran lebar sodetan 10 meter dan kedalaman tidak boleh melebihi kedalaman sungai existing.bTujuannya untuk mengalirkan arus yang menghantam tebing di Bancar yang mengancam semuanya,"  tambahnya.

Penanganan darurat ini kembali dilanjutkan dengan membuat sodetan di sisi kiri aliran dari arah hulu. 

BACA JUGA:Darurat, Sodetan Aliran Sungai Klawing Bancar-Penaruban di Purbalingga Mendesak Dibuat

BACA JUGA:Penanganan Permanen Kerusakan Tebing Sungai Klawing Purbalingga Capai Rp 28 Miliar

Adanya sodetan diharapkan mampu mengalihkan aliran yang menghantam tebing pemukiman warga Bancar. Sehingga dampak kerusakan tidak semakin membahayakan.

Kepala DPU PR Istanto Sugondo mengungkapkan, untuk penanganan permanen masih diusulkan ke Kementerian PU pusat di Dirjen SDA.

"Anggaran dari Kementerian diupayakan akan memasukkan penanganan alur Klawing secara permanen sebagai prioritas. Bahkan sudah didukung dari Pemkab Purbalingga dalam surat permohonan dari Bupati Purbalingga," tegasnya.

Dia juga mengatakan, Detail Engineering Desain (DED) penanganan secara permanen terhadap kerusakan tebing sungai di wilayah Kelurahan Bancar dan sekitarnya sudah dilaksanakan dan dibuat oleh BBWS SO. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: