10 Jenis Gangguan Kesehatan Mental Paling Umum yang Sering Terjadi

10 Jenis Gangguan Kesehatan Mental Paling Umum yang Sering Terjadi

Jenis-jenis gangguan kesehatan mental paling umum yang sering terjadi -Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Gangguan kesehatan mental adalah kondisi yang memengaruhi perasaan, pikiran, dan perilaku dari seseorang. Ada 10 jenis gangguan kesehatan mental paling umum yang sering terjadi. 

Meskipun terkadang sulit untuk mengenali gejalanya, penting untuk meningkatkan kesadaran akan gangguan kesehatan mental agar dapat memberikan dukungan yang tepat kepada mereka yang membutuhkannya. 

Jenis-jenis Gangguan Kesehatan Mental yang Sering Terjadi 

Berikut adalah kumpulan jenis-jenis gangguan kesehatan mental yang sering terjadi:

1. Gangguan Depresi

Gangguan depresi juga dikenal sebagai depresi klinis atau mayor, adalah kondisi kesehatan mental yang serius yang memengaruhi perasaan, pikiran, dan perilaku seseorang. 

Orang yang mengalami depresi cenderung merasa sedih, kehilangan minat atau kesenangan pada aktivitas yang biasa mereka nikmati, dan merasa putus asa atau tidak berdaya. 

Gejala depresi juga dapat mencakup perubahan berat badan, gangguan tidur, kelelahan yang berlebihan, perasaan bersalah yang tidak wajar, dan pikiran tentang kematian atau bunuh diri.

BACA JUGA:Manfaat Curhat untuk Kesehatan Mental

BACA JUGA:Manfaat Kiwi yang Ternyata Mampu Meningkatkan Kesehatan Mental

2. Gangguan Kecemasan

Gangguan kecemasan adalah kondisi kesehatan mental yang ditandai oleh perasaan cemas atau ketakutan yang berlebihan yang dapat mengganggu kehidupan sehari-hari seseorang.

Orang dengan GAD cenderung merasa cemas secara kronis tentang berbagai hal dalam hidup mereka, bahkan tanpa alasan yang jelas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: