Candi Bima, Keajaiban Arsitektur yang Mempesona di Puncak Dieng

Candi Bima, Keajaiban Arsitektur yang Mempesona di Puncak Dieng

Candi Bima Wonosobo-Instagram @nataliasoebagjo-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Candi Bima adalah salah satu dari bangunan candi yang terletak di wilayah Candi Dieng, berdekatan dengan Candi Arjuna, Candi Gatotkaca, Kawah Sikidang, dan Museum Kailasa. Meskipun Candi Bima memiliki corak agama Hindu seperti Candi Gatotkaca, namun memiliki sejarah dan fungsi yang berbeda, serta bentuk yang unik dibandingkan dengan candi lainnya.

Ketika berkunjung ke Dieng, Candi Bima bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik, terutama di desa tertinggi di Indonesia ini yang menjadi tujuan wisata populer di Jawa Tengah.

Candi Bima Dieng termasuk dalam wilayah Kabupaten Banjarnegara karena terletak di Dieng Kulon. Ini adalah tempat wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi karena pengunjung dapat melihat beberapa candi dengan bentuk dan ukuran yang beragam.

Menurut cerita, Candi Bima dikatakan sebagai candi terbesar di Dieng jika dibandingkan dengan candi lain di sekitarnya, dengan perkiraan ketinggian mencapai 8 meter dan terdiri dari 5 tingkat.

BACA JUGA:Indahnya Camping di Dataran Tinggi Dieng, Sangat Cocok Bersama Keluarga

BACA JUGA:5 Destinasi Dieng Plateau Paling Ramai Dikunjungi, Murah dan Indah!

Lokasi Candi Bima terletak sekitar 3 menit perjalanan dari Kawah Sikidang. Secara administratif, Candi Bima berada di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Rute perjalanan menuju Candi Bima dari pusat kota Banjarnegara cukup jauh, dengan waktu tempuh hampir 2 jam. Kamu perlu mengarahkan kendaraan menuju Dieng.

Kendaraan dapat diarahkan menuju Kawah Sikidang karena lokasinya berdekatan dan berada tepat di samping jalan utama. Akses jalannya dapat dilalui oleh motor maupun mobil.

Candi Bima tidak memiliki jam buka yang spesifik dan bisa dikunjungi selama 24 jam non-stop. Namun, biasanya pengunjung ramai dari pagi hingga sore hari. Tempat ini beroperasi setiap hari, Senin hingga Minggu.

BACA JUGA:Bukit Scooter, Petualangan Tanpa Pendakian di Dataran Tinggi Dieng!

BACA JUGA:Charaka Residence, Hotel Instagramable di Dieng!

Tiket masuk ke Candi Bima gratis. Fasilitas di sekitar Candi Bima termasuk warung makanan dan minuman, area parkir kendaraan, serta taman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: