Jenis-Jenis Gangguan Kesehatan Mental pada Lansia

Jenis-Jenis Gangguan Kesehatan Mental pada Lansia

Beberapa jenis-jenis gangguan mental yang rentan dialami oleh para lansia.-Fahma Ardiana-

1. Depresi

Depresi merupakan salah satu gangguan jiwa yang umum terjadi pada lansia. Jika tidak ditangani, masalah ini dapat menyebabkan cacat fisik dan mental serta mempengaruhi fungsi sosial orang-orang di sekitar Anda.

Selain itu, depresi juga dapat mempersulit pengobatan masalah kesehatan kronis lainnya. Gejala umum depresi pada orang lanjut usia meliputi kesedihan yang terus-menerus, kesulitan tidur, ketidaknyamanan fisik, dan penarikan diri dari semua aktivitas yang sebelumnya mereka nikmati.

Jika orang tua Anda mengalami masalah ini, sebaiknya Anda menjalani pemeriksaan rutin ke dokter untuk memperbaiki gangguan psikologis.

BACA JUGA:Tips Pencegahan Gangguan Kesehatan Mental

BACA JUGA:Cara Efektif Mengatasi Masalah Mental

2. Gangguan Kecemasan

Gangguan kecemasan adalah gangguan mental yang terjadi pada orang lanjut usia yang lebih rentan terhadap kejang. Gangguan kecemasan bisa terjadi bersamaan dengan depresi.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, hampir separuh orang tua yang menderita gangguan kecemasan juga menderita depresi. Masalah pada orang lanjut usia ini kurang terdiagnosis karena masalah fisik lebih menonjol dan gangguan mental kurang terdiagnosis. Wanita lebih rentan terkena gangguan ini dibandingkan pria.

Tes segera dapat membantu menentukan apakah orang tua mempunyai gangguan jiwa.

BACA JUGA:8 Tips Efektif Meningkatkan Kesehatan Mental

BACA JUGA:Menguak Mitos Tentang Kesehatan Mental, Benar Atau Tidak?

3. Gangguan Bipolar

Orang lanjut usia juga dapat menderita gangguan bipolar sebagai gangguan jiwa. Masalah ini sering kali ditandai dengan perubahan suasana hati yang tidak normal dan sering salah didiagnosis karena berkaitan dengan proses penuaan, khususnya kondisi seperti demensia dan penyakit Alzheimer.

Gejala pada lansia penderita gangguan bipolar cenderung lebih gelisah dan mudah tersinggung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: