Tips Menjaga Kesehatan Mental pada Anak

Tips Menjaga Kesehatan Mental pada Anak

Beberapa tips yang bisa orang tua lakukan untuk menjaga kesehatan mental pada anak.-Fahma Ardiana-

Caranya adalah dengan mendengarkan setiap keluhan satu per satu. Ciptakan situasi yang nyaman bagi anak agar ia bisa terbuka dan berbicara dengan ibunya tanpa ragu.

3. Ciptakan lingkungan yang positif

Orang tua juga perlu menciptakan lingkungan yang positif bagi anaknya. Hindari membicarakan masalah serius di depan sang anak.

BACA JUGA:Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja, Kunci untuk Kesejahteraan dan Produktivitas

BACA JUGA:10 Dampak Bahaya Friends With Benefits Bagi Kesehatan Mental

Selain itu, beri dia waktu dan kesempatan untuk bermain dan melakukan aktivitas yang dia sukai, atau ayah dan ibu sebagai orang tua juga bisa mengajaknya jalan-jalan di akhir pekan. Orang tua juga harus membatasi penggunaan layar secara berlebihan seperti smartphone, TV, internet, dan perangkat game pada anak.

4. Bantu anak saat memecahkan masalah

Ajari anakmu untuk tenang ketika ia sedang kesal, solusinya adalah dengan mendorong anak Anda melakukan sesuatu yang menyenangkan. Misalnya jalan-jalan, membelikan makanan kesukaan anak, bermain bersama. Jika anak Anda tidak ingin melakukan sesuatu, tidak apa-apa untuk memberinya waktu sendiri.

Setelah situasi sudah cukup tenang, mintalah anak anda membicarakan masalahnya. Anda sebagai orang tua pun harus mencoba untuk tetap tenang dan tidak menghakimi.

Sebagai orang tua, jadilah pendengar yang baik. Setelah anak mengutarakan masalahnya, ibu dapat bekerja sama untuk mencari solusi atas masalahnya.

Itulah dia beberapa tips yang bisa orang tua lakukan untuk menjaga kesehatan mental pada anak. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: