5 Cara Mencegah Tubuh Lemas Saat Puasa yang Perlu Kamu Ketahui!

5 Cara Mencegah Tubuh Lemas Saat Puasa yang Perlu Kamu Ketahui!

Mencegah Tubuh Lemas-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Merasa lemas ketika menjalani puasa memang hal yang umum. Akan tetapi, jangan diabaikan begitu saja. 

Jika dibiarkan, tubuh yang lemas dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan bisa menjadi indikasi masalah kesehatan yang serius. Mari kita temukan cara mencegah tubuh lemas selama puasa dalam artikel berikut ini.

Tubuh yang lemas biasanya muncul pada awal puasa atau dalam beberapa minggu pertama. Hal ini disebabkan oleh penurunan kadar gula darah dalam tubuh yang membuat seseorang kehilangan energi.

Beberapa orang juga mengalami kesulitan tidur selama puasa, yang menyebabkan rasa lelah di siang hari. Meskipun tidak selalu berbahaya, kelesuan juga bisa menjadi pertanda dehidrasi.

BACA JUGA:Badan Lemas Saat Berpuasa? Lakukan Tips Berikut Agar Tubuh Tetap Fit

BACA JUGA:Mengatasi Lemas Saat Puasa, Ikuti Tips Berikut Sob

Jika disebabkan oleh kekurangan cairan, biasanya kelesuan akan disertai dengan gejala lain, seperti haus berlebihan, mulut kering, kulit kering, jarang buang air kecil atau urin berwarna gelap, sakit kepala, dan kram otot.

Mencegah Tubuh Lemas Saat Puasa dengan Tips Ini

Sebetulnya, bila dilakukan dengan benar, puasa bisa mencegah tubuh lemas. Bahkan, menjalani puasa dengan sehat dapat meningkatkan kualitas tidur serta menjaga mood tetap positif.

Agar tubuh tidak lesu saat berpuasa dan tetap bisa aktif, lakukanlah hal-hal berikut:

1. Atur Pola Tidur

Pola tidur yang teratur sangat penting untuk mencegah tubuh lemas saat puasa. Hindari begadang dan pastikan tidur minimal 4 jam setiap malamnya. Agar tidur lebih nyenyak, ciptakan lingkungan tidur yang nyaman, seperti mengurangi cahaya dan menjaga suhu kamar tetap sejuk.

BACA JUGA:7 Cara Meningkatkan Semangat Bekerja di Bulan Puasa, Tidur yang Cukup

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: