Tanggul Sungai Cimeneng Cilacap Jebol, Rumah Warga Terendam Air

Tanggul Sungai Cimeneng Cilacap Jebol, Rumah Warga Terendam Air

Kondisi Sungai Cimeneng tinggi, banjir menggenangi rumah warga di Dusun Cikerang, Desa Bantarsari, Kecamatan Bantasari, Jumat (1/3/2024).-Warga untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Hujan deras yang terjadi di wilayah Kabupaten Cilacap menyebabkan tanggul Sungai Cimeneng di Dusun Cikerang, Desa Bantarsari, Kecamatan Bantasari, jebol pada Jumat (1/3/2024).

Kalak BPBD Cilacap Bayu Prahara melalui Analisis Bencana Ahli Muda BPBD Cilacap, Gatot Arief Widodo mengatakan, jebolnya tanggul tersebut berakibat tergenangnya sejumlah rumah warga.

"Hujan dengan Intensitas tinggi di hulu Sungai Cimeneng yang mengakibatkan meluapnya Sungai Cimeneng. Sehingga empat RT terendam banjir," katanya.

Gatot mengatakan, tanggul yang jebol tersebut memiliki panjang 6 meter dengan lebar 2 meter dan tinggi tanggul 1 meter. Sedangkan ketinggian air banjir yang menggenangi rumah warga sekitar 50 - 60 sentimeter.

BACA JUGA:Empat Perda Disahkan DPRD Cilacap

BACA JUGA:Kabupaten Cilacap Rawan Kedaruratan Pengolahan Limbah B3

"Genangan di Dusun Cikerang dengan kedalaman sekitar 50-60 sentimeter di dalam rumah, ada 150 KK yang terdampak," ujarnya. 

Gatot mengatakan, saat ini pihaknya telah menyiapkan perahu fiber dan pelampung untuk mengevakuasi warga terdampak banjir. Selain itu, BBWS Citanduy Banjar juga telah mendatangkan excavator dan geobag untuk penanganan darurat tanggul jebol.

"Saat ini kondisi cuaca cerah, warga sebagian sudah dievakuasi diungsikan ke tempat yang lebih aman," kata dia.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat untuk tetap waspada terhadap ancaman cuaca ekstrem. Terlebih masih ada potensi hujan lantaran Pulau Jawa masih berada pada puncak musim hujan. 

"Untuk masyarakat yang berada di daerah rawan bencana agar lebih waspada jika hujan dengan intensitas tinggi berdurasi lama terjadi," ujarnya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: