Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Susu, Sebelum atau Sesudah Makan?

Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Susu, Sebelum atau Sesudah Makan?

Waktu Terbaik untuk Minum Susu-Freepik-

Tidak ada waktu terbaik untuk minum susu. Kamu bisa minum susu kapan pun sesuai dengan kenyamanan dan kebiasaanmu.

Namun, bagi anak-anak, lebih baik memberikan susu setelah mereka makan. Sebab, meminum susu sebelum makan dapat membuat mereka merasa cepat kenyang, sehingga mereka mungkin kehilangan nafsu makan saat waktu makan tiba.

Hindari Konsumsi Susu Bersamaan dengan Makanan Ini

Meskipun tidak ada waktu terbaik untuk minum susu, tetapi ada pertimbangan yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi susu bersamaan dengan makanan tertentu. 

Beberapa jenis makanan sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan susu, terutama makanan yang mengandung asam oksalat dan asam fitat.

BACA JUGA:Ini Dampak Negatif yang Mungkin Terjadi Jika Mengisi Ulang Botol Minum Sekali Pakai

BACA JUGA:7 Cara Membuat Anak Rajin Minum Air Putih, Penting Untuk Kesehatan

1. Asam Oksalat: Bayam, Ubi Jalar, Kacang-kacangan

Makanan yang mengandung asam oksalat seperti bayam, ubi jalar, dan kacang-kacangan dapat menghambat penyerapan kalsium yang terkandung dalam susu. Asam oksalat dapat membentuk senyawa dengan kalsium, mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium dengan baik. 

2. Asam Fitat: Biji-bijian

Biji-bijian seperti gandum, beras, dan biji-bijian lainnya mengandung asam fitat. Asam fitat juga dapat mengikat kalsium dalam usus dan menghambat penyerapannya ke dalam tubuh. Konsumsi susu bersamaan dengan makanan yang mengandung asam fitat juga dapat mengurangi efektivitas penyerapan kalsium.

Untuk memaksimalkan penyerapan kalsium dari susu, sebaiknya hindari mengonsumsi susu bersamaan dengan makanan yang mengandung asam oksalat dan asam fitat. Lebih baik konsumsi susu beberapa jam sebelum atau setelah mengonsumsi makanan-makanan tersebut. 

Karena itu, disarankan untuk mengonsumsi susu beberapa jam setelah mengonsumsi makanan-makanan tersebut.

Berdasarkan penjelasan di atas, susu dapat diminum kapan saja. Jadi, tidak perlu khawatir apakah meminum susu sebelum atau sesudah makan, karena hal itu tidak akan mengurangi manfaat susu bagi kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: