DPUPR Kabupaten Purbalingga Dapatkan Usulan Kegiatan Terbanyak dalam Musrenbang

DPUPR Kabupaten Purbalingga Dapatkan Usulan Kegiatan Terbanyak dalam Musrenbang

Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah Rumpun Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah di di D'Pari Resto Purbalingga.-DINKOMINFO UNTUK RADARMAS -

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten PURBALINGGA, menjadi organisasi perangkat daerah (OPD), dengan paket usulan terbanyak dalam Musrenbang.

Musrenbang dilaksanakan dalam rangka Penyusunan RKPD Kabupaten Purbalingga Tahun 2025 dan Penyusunan Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah Tahun 2025.

Hal itu terungkap dalam acara Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah Rumpun Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah di di  D'Pari Resto Purbalingga.

DPUPR Kabupaten Purbalingga mendapatkan 456 paket usulan. Tetdiri dari 400 paket usulan di Bidang Bina Marga. Serta, Bidang Sumber Daya Air mendaoatka 56 paket usulan. 

BACA JUGA:Usulan Pembangunan Fisik Dominasi Musrenbang Kecamatan

Kepala DPUPR Kabupaten Purbalingga Istanto Sugondo mengatakan, prioritas kegiatan DPUPR Kabupaten Purbalingga tahun 2025 adalah penanganan kerusakan infrastruktur akibat benca, yakni penanganan kerusakan jalan, jembatan dan irigasi.

"Penanganan kerusakan jalan meliputi, jalan kabupaten penghubung antar kabupaten/kecamatan jalan di jalur wisata, serta jalan kabupaten lainnya," lanjutnya.

Kepala BPBD Kabupaten Purbalingga Priyo Satmoko mengatakan, tujuan diadakannya Forum Perangkat Daerah adalah menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah, dengan usulan program dan kegiatan hasil Musrenbangcam dan pokok pikiran DPRD.

"Mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan perangkat daerah sesuai dengan tugas pokok fungsinya," tambahnya.

BACA JUGA:Ketua DPRD : Musrenbang Libatkan Seluruh Stakeholder Pembangunan

Menyelaraskan program dan kegiatan antar perangkat daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran. Sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas.  "Serta, untuk menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas tahun 2025 untuk masing-masing perangkat daerah," katanya.

Sementara itu, terdapat usulan untuk DLH Purbalingga. Yaitu usulan Pelatihan pengelolaan persampahan (21 Desa) dan Penanganan persampahan skala desa (24 Desa). Dinas Perhubungan mendapatkan 74 usulan lampu penerangan jalan umum dan 10 usulan rambu–rambu lalu lintas. 

Dinrumkim mendapatkan 138 usulan. Yakni, dengan rincian 52 usulan rehabilitasi rumah tidak layak huni,  21 usulan pembangunan jaringan air bersih/sumur bor di pedesaan, 30 usulan pengadaan bronjong, 21 usulan rehabilitasi jalan/drainase lingkungan kelurahan, 7 usulan rehabilitasi/pembangunan IPAL komunal/desa, dan 11 usulan togor dan jaringan listrik desa.

Sedangkan, Dinkominfo mendaparkan 10 usulan pelatihan bidang komunikasi informatika. Serta, BPBD mendapatkan 7 usulan pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: