Inilah 5 Penyebab Rem Blong yang Perlu Anda Ketahui, Waspada!

Inilah 5 Penyebab Rem Blong yang Perlu Anda Ketahui, Waspada!

Penyebab Rem Blong yang Perlu Anda Ketahui-Freepik-

BACA JUGA:7 Cara Merawat Rem ABS pada Sepeda Motor yang Baik dan Tepat

BACA JUGA:8 Cara Mengerem Motor Matic yang Benar Saat Melewati Turunan, Ampuh!

Akibatnya, meski tuas rem ditekan sekuat apa pun, motor tidak akan bisa berhenti. Sumbatan aliran minyak rem biasanya disebabkan oleh kotoran yang menghalangi jalannya aliran. Mengingat ukuran lubang suplai hanya sekitar 1-2mm, sedikit kotoran pun sudah cukup untuk menyumbat jalur minyak tersebut.

3. Kebocoran pada Master Rem

Master rem berperan penting dalam memompa minyak rem ke sistem pengereman. Seiring dengan penggunaan dan usia motor, mungkin terjadi keausan pada karet seal yang terdapat pada piston.

Jika master rem mengalami kebocoran, maka tekanan udara tidak akan bisa dipompa dengan baik, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan rem motor blong atau tidak bisa menurunkan kecepatannya.

Dalam situasi seperti ini, ada dua kemungkinan yang dapat terjadi, yaitu rem terasa kendur atau sangat sulit ditekan bahkan tidak bisa ditekan sama sekali.

4. Kampas Rem Mengalami Aus

Penting untuk diketahui bahwa kampas rem merupakan salah satu komponen yang sangat penting dan perlu perawatan secara berkala bahkan mungkin perlu diganti. Hal ini karena kampas rem dapat menjadi tipis dan mengurangi efektivitas pengereman. 

BACA JUGA:8 Cara Agar Roller Motor Matic Awet, Kuncinya di Oli

BACA JUGA:4 Cara Mudah Merawat Motor Klasik yang Wajib Anda Ketahui

Salah satu tanda bahwa kampas rem telah aus atau menipis adalah berkurangnya minyak rem dengan cepat. Jika kampas rem sudah menipis dan minyak rem berkurang, maka rem bisa mengalami kerusakan dalam jangka pendek atau panjang.

Bagi para pengendara motor, hal ini tentu sangat berisiko, terutama saat berkendara di jalanan menurun. Sebaiknya, antisipasi diperlukan!

5. Suhu Komponen Pengereman Terlalu Tinggi

Salah satu penyebab rem motor blong adalah suhu komponen pengereman yang terlalu tinggi. Komponen-komponen seperti kaliper rem dapat menjadi panas karena pengereman yang berlebihan melebihi kapasitas kaliper tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: