Inilah 5 Penyebab Rem Blong yang Perlu Anda Ketahui, Waspada!

Inilah 5 Penyebab Rem Blong yang Perlu Anda Ketahui, Waspada!

Penyebab Rem Blong yang Perlu Anda Ketahui-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Terdapat berbagai faktor yang dapat menyebabkan rem motor blong. Jika kondisi ini dibiarkan tanpa penanganan yang tepat, dapat membahayakan keselamatan Anda selama berkendara. 

Oleh karena itu, penting untuk memahami faktor-faktor yang dapat menjadi penyebab rem blong

Mari kita bahas bersama faktor penyebab rem blong agar Anda dapat lebih memahami kondisi tersebut dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan untuk menjaga keselamatan Anda di jalan.

Inilah 5 Penyebab Rem Blong yang Perlu Anda Ketahui!

1. Kekurangan Minyak Rem

Minyak rem adalah bagian yang sangat penting dalam sistem pengereman. Oleh karena itu, penting untuk selalu memperhatikannya dengan cermat. 

BACA JUGA:Cara Mengatasi Rem Motor Blong

BACA JUGA:7 Cara Merawat Kaliper Rem Motor Agar Awet, Sangat Mudah

Sayangnya, banyak pemilik motor yang mengabaikan keberadaan minyak rem ini. Banyak dari mereka yang belum memahami kapan waktu yang tepat untuk mengganti minyak rem.

Umumnya, penggantian minyak rem disarankan setidaknya satu kali dalam setahun. Namun, sangat disarankan untuk secara rutin memeriksa kondisi minyak rem, baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya. 

Jika terlihat kotor, segera ganti, dan jika volume minyak rem menurun, segera isi kembali. Karena jika jumlah minyak rem berkurang dan kualitasnya sudah menurun, hal tersebut dapat menjadi penyebab rem blong. 

2. Sumbatan Aliran Minyak Rem

Faktor berikutnya yang bisa menjadi penyebab rem blong yaitu adanya sumbatan pada aliran minyak rem. Dalam sistem pengereman, terjadi tekanan hidrolik yang mengalirkan minyak rem ke bagian sistem pengereman. Namun, jika saluran minyak rem mengalami sumbatan, proses tersebut tidak dapat berlangsung dengan baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: