Jelang Ramadhan Warga Sawangan Jeruklegi Cilacap Gelar Tradisi Nyadran

Jelang Ramadhan Warga Sawangan Jeruklegi Cilacap Gelar Tradisi Nyadran

Masyarakat Desa Sawangan saat saling bertukar makanan dilanjutkan makan bersama di area makam setempat, Kamis 22 Februari 2024.-Julius/Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Warga desa Sawangan Kecamatan Jeruklegi menggelar tradisi Nyadran yang rutin setiap tahun mereka lakukan menjelang bulan suci ramadhan.

Mereka menggelar doa, membersihkan dan makan bersama di area makam desa setempat. Mereka berbondong - bondong membawa tikar serta saling berbagi atau bertukar makanan.

"Nyadran ini selain untuk memelihara makam para leluhur di Desa Sawangan agar terawat dengan baik, harapan kami agar selalu diberkati, diberkahi dan diberi keselamatan dunia akhirat," kata Kepala Desa Sawangan, Sunarto Jumat 23 Februari 2024.

Selain itu, Sunarto menambahkan hal tersebut selain untuk melestarikan tradisi leluhur juga untuk mempersatukan warga masyarakat agar saling gotong royong dan guyub rukun.

BACA JUGA:Ribuan Tumpeng Megono Tandai Nyadran

BACA JUGA:Warga Gumelem Nyadran Gedhe Sambut Bulan Suci Ramadan

"Kegiatan tradisional selamatan bersama ini dilakukan pada Kamis Wage di bulan Sadran," lanjut Sunarto.

Masyarakat desa Sawangan menjadikan kegiatan tersebut sebagai agenda rutin serta menjadi alat untuk melestarikan kebudayaan.

"Kami memang masih memelihara tradisi yang biasa dilakukan nenek moyang, banyak makna serta tujuan salah satunya untuk wujudkan guyup rukun di lingkungan masyarakat," tutupnya. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: