Heatstroke, Bahaya yang Menghantui Saat Olaharaga di Panas Terik

Heatstroke, Bahaya yang Menghantui Saat Olaharaga di Panas Terik

Heatstroke, Bahaya yang Menghantui Saat Olaharaga di Panas Terik-Channel9.id-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Heatstroke, sebuah kondisi serius yang timbul ketika tubuh manusia terpapar pada suhu yang ekstrem, mengancam kesehatan dan bahkan nyawa seseorang. Dengan suhu tubuh yang melonjak hingga mencapai 40°C atau bahkan lebih, heatstroke membutuhkan penanganan segera guna mencegah dampak yang merugikan.

Tanda-tanda awal heatstroke bisa bervariasi, tetapi gejala yang umum meliputi pusing, kelelahan yang ekstrem, kulit kemerahan dan panas, denyut nadi yang cepat, serta kehilangan kesadaran. 

Heatstroke bisa memengaruhi siapa saja, tetapi risiko lebih tinggi terjadi pada kelompok-kelompok tertentu. Bayi dan lansia, misalnya, memiliki toleransi terhadap panas yang lebih rendah dan mungkin mengalami kesulitan dalam mengatur suhu tubuh mereka. 

Selain itu, atlet, tentara, dan pekerja yang sering terpapar pada suhu panas, terutama di bawah terik sinar matahari, juga berada dalam risiko yang lebih besar untuk mengalami heatstroke. Simak penjelasan lengkap mengenai Heatstroke:

Tanda-Tanda Heatstroke

Heatstroke merupakan kondisi serius yang membutuhkan penanganan medis segera. Mengetahui tanda-tanda heatstroke adalah kunci untuk merespons dengan cepat dan mencegah dampak yang lebih parah.

BACA JUGA:Sederet Manfaat Olahraga Sore Hari

BACA JUGA:Olahraga yang Cocok Dilakukan Sore Hari

Heatstroke ditandai dengan peningkatan suhu tubuh yang drastis, bahkan hingga mencapai 40°C atau lebih. Beberapa gejala umum heatstroke selanjutnya meliputi pusing, sakit kepala, serta kulit yang memerah dan mengering.

Meskipun suhu tubuh sedang tinggi, penderita heatstroke mungkin tidak berkeringat. Ini bisa menjadi tanda yang perlu diwaspadai, karena berkeringat adalah mekanisme tubuh untuk mengatur suhu.

Mual dan muntah seringkali terjadi pada orang yang mengalami heatstroke. Ini bisa disertai dengan kelemahan otot dan kram yang membuat kondisi penderita semakin memburuk.

Jantung yang berdebar kencang merupakan respon tubuh terhadap kondisi heatstroke. Perubahan detak jantung yang tidak normal perlu segera ditangani untuk mencegah komplikasi yang lebih serius.

BACA JUGA:Bahaya Olahraga di Siang Hari

BACA JUGA:Manfaat Olahraga Lari di Siang Hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: